Medali Peringatan Pertemuan Kim-Trump Dijual Rp19 Juta

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 05/06/2018 20:02 WIB
Medali Peringatan Pertemuan Kim-Trump Dijual Rp19 Juta Singapura menjual medali peringatan pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un dengan harga beragam, hingga mencapai US$1.380 atau setara Rp19 juta. (The Singapore Mint/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai tuan rumah, Singapura menjual medali peringatan pertemuan Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un dengan rentang harga beragam, hingga ada yang mencapai US$1.380 atau setara Rp19 juta.

Penjualan itu diumumkan hanya berselang sepekan sebelum pertemuan tersebut digelar di Singapura pada 12 Juni mendatang, melalui situs resmi perusahaan pencetak uang negara, Singapore Mint.

Dalam pernyataan pada Selasa (5/6), Singapore Mint menjabarkan bahwa medali itu akan dihiasi ukiran gambar tangan Kim dan Trump berlatar bendera kedua negara dengan pilihan bahan dasar emas, perak, dan logam nikel.
Di balik medali itu, terukir gambar merpati dan bunga dengan tulisan "World Peace" atau "Perdamaian Dunia".


Singapore Mint menyatakan bahwa medali ini dirilis untuk memeringati "langkah bersejarah menuju perdamaian dunia," dan peran Singapura sebagai "tuan rumah yang netral dan gerbang keamanan dan perekonomian antara Timur dan Barat."

Untuk medali emas, Singapore Mint hanya mencetak 1.000 keping dengan harga satuan US$1.380 atau setara Rp19 juta.
Sementara itu, medali perak dengan gambar bendera berwarna dapat dipesan seharga US$118 atau setara Rp1,6 juta. Singapore Mint hanya menyediakan 10.000 keping untuk seluruh dunia dan 2.000 khusus Singapura.

Untuk medali logam nikel, Singapore Mint mematok harga US$36 atau setara Rp49.950 dan akan diproduksi sesuai jumlah pesanan.

Sementara itu, AS juga menjual cenderamata berupa koin bergambar wajah Trump dan Kim yang dapat dibeli di situs Gedung Putih. (has/has)