Ke Jakarta, Menlu Jepang Akan Bahas Isu Semenanjung Korea

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 21:00 WIB
Ke Jakarta, Menlu Jepang Akan Bahas Isu Semenanjung Korea Ilustrasi Jepang. Menlu negara tersebut akan berkunjung ke Jakarta untuk bertemu Retno Marsudi. (REUTERS/Kimimasa Mayama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dijadwalkan berkunjung ke Jakarta pada 25 Juni mendatang untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan para menlu juga akan membahas isu regional dan global yang menjadi perhatian kedua negara termasuk situasi di Semenanjung Korea.

"Semenanjung Korea bisa disebut standing agenda (agenda tetap) pertemuan kedua menlu pekan depan, terutama dalam konteks strategic dialogue (dialog strategis) Indonesia-Jepang," kata Arrmanatha di Jakarta, Jumat (22/6).


Dia mengatakan isu Semenanjung Korea menjadi fokus karena kedua negara memiliki perhatian yang sama, yakni memastikan keamanan kawasan itu stabil dan bebas dari senjata nuklir.
Selain itu, situasi Semenanjung Korea juga terus berkembang dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan politik detente antara Korea Utara, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

"Kedua negara punya perhatian bersama yakni keinginan agar tercapainya perdamaian di kawasan Semenanjung Korea yang bebas nuklir."

Selain isu global, Arrmanatha mengatakan Kono dan Retno juga akan membahas upaya penguatan kerja sama antara kedua negara, terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan.

Tahun ini, paparnya, Indonesia dan Jepang juga merayakan 60 tahun hubungan diplomatik. Selama ini, Arrmanatha berujar hubungan dagang dan investasi antara Tokyo dan Jakarta juga terus menunjukkan tren positif.
Di tahun 2017, kata Arrmanatha, nilai perdagangan kedua negara mencapai US$30 miliar. Sementara itu jumlah investasi Jepang di Indonesia di tahun yang sama juga sudah mencapai US$5 miliar.

"Nilai perdagangan dan jumlah investasi Jepang-Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Tahun 2016, nilai perdagangan kedua negara mencapai US$29 miliar dan tahun kemarin naik menjadi US$30 miliar," ujarnya.

Selain kerja sama perdagangan dan investasi, Arrmanatha mengatakan Kono dan Retno juga akan mendiskusikan penguatan kerja sama dalam bidang infrastruktur, pengembangan pusat maritim terpadu, dan pariwisata.

Kono dijadwalkan tiba di Jakarta pada 24 Juni malam. Setelah bertemua Retno pada 25 Juni pagi, Menlu yang baru dilantik pada Agustus lalu itu juga akan melakukan kunjungan kehormatan ke Istana Merdeka untuk menemui Presiden Joko Widodo.
Arrmanatha juga mengatakan Kono akan bertemu dengan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di Jakarta sebelum kembali ke Tokyo.

(aal)