Anggota Gangster Kabur dari Penjara Prancis Pakai Helikopter

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 04:03 WIB
Anggota Gangster Kabur dari Penjara Prancis Pakai Helikopter Ilustrasi penjara. (Reuters/Akhtar Soomro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang anggota gangster, Redoine Faid, berhasil kabur dari penjara berpenjagaan ketat di Perancis dengan menggunakan helikopter.

Kementerian Kehakiman Perancis menyatakan Faid seharusnya menjalani hukuman penjara 25 tahun lagi di rutan sebelah selatan Paris. Namun Faid, yang divonis akibat pencurian bersenjata dan pembunuhan seorang polisi pada 2010 itu berhasil kabur menggunakan helikopter yang didaratkan di lapangan dalam penjara.




Menteri Kehakiman Nicole Belloubet mengatakan helikopter itu didaratkan di lokasi yang tak terjaga, dan terpasang net. Lebih lanjut, Belloubet mengatakan apa yang dilakukan Faid itu ibarat dalam film Hollywood bertajuk Scarface atau Heat.

"Ini sebuah pelarian yang spektakuler, ini sudah sangat disusun secara matang dan mereka mungkin menggunakan drone untuk melakukan survey," ujar Belloubet, Minggu (1/7).

Dua pria bersenjata turun dari helikopter itu untuk mengawal Faid masuk ke dalam helikopter saat melarikan diri. Tak ada polisi yang terluka dalam insiden ini. Polisi pun telah merilis daftar pencarian orang secepatnya.


Pelarian Lain

Sebelum keberhasilannya kemarin, Faid ternyata pernah mencoba untuk kabur dari penjara tersebut pada 2013 silam. Kala itu, dia menyandera empat petugas sebelum menggunakan dinamint guna meledakkan jalannya keluar dari penjara.

Saat itu, dia berhasil berada di luar penjara selama enam pekan sebelum ditangkap dan dijebloskan kembali ke dalam penjara. (kid)