Menelisik Sekte Agama Unik di Penjuru Dunia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 14:53 WIB
Menelisik Sekte Agama Unik di Penjuru Dunia Ilustrasi. (Life of Pix/HIDE OBARA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau di Indonesia sedang terkenal dengan sekte Kerajaan Ubur-ubur yang diduga aliran sesat, berbeda dengan lima sekte agama yang tersebar di penjuru dunia di bawah ini. Meskipun zaman teknologi berkembang dengan cepat, tetap saja tidak berpengaruh pada beberapa bagian masyarakat yang masih taat dan paham dengan ritual-ritual agama. Apa yang dianggap oleh mereka terkadang tidak masuk akal di otak manusia. Namun, beberapa agama dibawah ini berhasil memiliki pengikut yang banyak di seluruh dunia.

Raelisme Sekte Pemuja UFO

Raelisme merupakan sebuah agama yang tidak percaya dengan kekuatan Tuhan. Penganut Raelisme percaya bahwa nabi dan rasul yang disembah manusia saat ini adalah alien. Sekte Rael ini memiliki pengikut hingga 65.000 orang di 86 negara.


Rael mengajarkan bahwa kehidupan di bumi diciptakan oleh makhluk luar angkasa alias alien, yang disebutnya dengan nama Elohim. Alien ini menyerupai manusia dan sering melakukan kontak dengan manusia. Kadang menurut orang yang menyembah Rael dianggap sebagai malaikat atau Tuhan.

Rael yakin, pesan terakhir para alien ini adalah untuk menciptakan perdamaian agar dapat diterima olehnya pada saat sudah meninggal dan terbang ke angkasa. Sekte ini juga memiliki Kedutaan Besar Alien di Libanon.


Sekte ini dipimpin oleh Claude Vorilhons, seorang pembalap mobil asal Prancis dan mantan penyanyi asal Prancis yang dirinya percaya bahwa kehidupan di bumi dimulai ketika manusia diciptakan dari DNA asing 25.000 tahun yang lalu.

Universe People

Seperti Raelisme, ini adalah sebuah sekte agama yang diilhami oleh alien. Mereka dianggap sebagai agama UFO yang paling khas di Republik Ceko.

Ivo Benda, merupakan pendiri sekte ini sejak tahun 1997. Menurut Benda, alien memiliki armada kapal yang mengorbit Bumi pada waktu tertentu, dipimpin oleh alien bernama Ashtar yang memperhatikan orang-orang Bumi dan siap untuk mengangkut pengikut yang baik dan setia ke dimensi lain.

Sistem kepercayaan mereka didasarkan pada keberadaan makhluk luar angkasa yang berkomunikasi dengan Benda dan kontak lainnya sejak Oktober 1997 secara telepati dan kemudian bahkan melalui kontak pribadi langsung.

Pana-Wave

Pana-Wave adalah kelompok agama yang berbasis di Tokyo, Jepang yang didirikan oleh seorang wanita bernama Yuko Chino pada tahun 1977 dan menggabungkan unsur-unsur agama Kristen, Buddhisme dan ajaran baru.


Kelompok agama ini merasa takut dengan kehadiran gelombang elektromagnetik di zaman modern. Menurut mereka, gelombang elektromagnetik membuat perubahan iklim, merusak lingkungan, dan menimbulkan penyakit.

Anggota kelompok ini mencuri segel arktik pada 2003 yang muncul di sungai Tokyo. Kelompok itu beralasan bahwa gelombang elektromagnetik adalah penyebab kemunculan segel ini, dan jika mereka berhasil mengembalikannya ke Arktik maka akan mencegah datangnya hari kiamat.

Para anggota mulai membangun Laboratorium Gelombang Pana di beberapa daerah yang mereka yakini tidak beresiko terkena gelombang elektromagnetik. Para anggota mulai berpakaian putih pada pertengahan 1990-an, dengan keyakinan bahwa ini akan melindungi mereka dari gelombang elektromagnetik yang berbahaya.

Jedisme

Agama jedisme diklaim terinspirasi dari film Star Wars. Meksipun jedisme tidak memiliki organisasi pusat, namun agama jedisme ini diklaim muncul pertama kali di Inggris.

Nama resmi lembaga keagamaan yang merangkul seluruh umat Star Wars ini adalah Church Of Jediism atau Gereja Jedi. Gereja itu didirikan oleh Daniel Jones pada 2008.

Saat ini agama jedi memiliki 200.000 anggota resmi. Jumlah anggotanya melebihi angka gabungan semua penganut Rastafarianisme, Paganisme, Humanisme, dan Scientology di Inggris.


Cuplikan film Star Wars 'The Last Jedi'.Foto: Dok. Walt Disney Studios/Lucasfilm Ltd via youtube.com
Cuplikan film Star Wars 'The Last Jedi'.


Ada aturan Jedi yang mereka ikuti dan praktikkan setiap hari yaitu emosional tapi damai, ketidaktahuan tapi berpengetahuan, gairah tapi tentram, kacau tapi harmonis, dan kematian tapi Force. "Kami percaya bila Anda mati, Anda memberikan jiwa Anda kepada Force; dalam arti Anda telah meninggalkan jejak di dunia ini dan semua orang akan mengingat Anda, dengan baik atau buruk."

Pemuja Sepeda Motor 'Bullet Baba'

Sekte ini bukan sebuah agama tetapi lebih kepada gerakan spiritual di dunia yang menyembah kendaraan.

Penduduk desa Chotila di Rajasthan, India telah mendirikan sebuah kuil untuk sepeda motor dan pemiliknya yang tewas disebut Om Banna.

Kuil yang tidak biasa ini memiliki motor Royal Enfield 350 CC yang dianggap sebagai dewa bersama dengan foto Om Banna yang terkenal dengan nama 'Bullet Baba'.

Bullet Baba tewas akibat kecelakaan motor. Tetapi setelah beberapa hari sepeda motor itu diambil oleh petugas kepolisian, terlihat kendaraan yang sama muncul kembali di tempat kejadian.

Menurut penduduk setempat, itu telah terjadi beberapa kali dan sekarang beberapa orang mengunjunginya dengan membawa karangan bunga dan benang suci. Kemudian disembah bersama pohon yang berada di tempat kecelakaan.

(cin/nat)


ARTIKEL TERKAIT