Unggah Video Makan dengan Perempuan Saudi, Pria Mesir Ditahan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 16:16 WIB
Unggah Video Makan dengan Perempuan Saudi, Pria Mesir Ditahan Ilustrasi. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria Mesir ditangkap setelah mengunggah video yang mereka momen ketika dia sarapan bersama perempuan di Arab Saudi.

Dalam video tersebut, pria itu tersenyum saat sang perempuan melambaikan tangan ke arah kamera. Keduanya tertawa dan bercanda bersama sembari wanita itu menyuapi makanannya kepada pria tersebut.




Kementerian Perburuhan dan Pembangunan Sosial Saudi menyatakan bahwa pria itu melakukan beberapa pelanggaran dan duduk di tempat yang dikhususkan untuk warga lokal.

Berdasarkan hukum di Arab Saudi, ketika datang ke tempat kerja atau restoran umum, pria lajang tidak diperbolehkan duduk dengan perempuan dan harus menempati daerah terpisah.

Sementara itu, perempuan tidak diizinkan melakukan banyak kegiatan tanpa didampingi wali laki-laki seperti ayah atau suami.
Penangkapan itu dilakukan hanya beberapa bulan setelah perempuan Saudi menikmati perubahan drastis dengan aturan-aturan baru, seperti diperbolehkan menyetir kendaraan sendiri.

Untuk pertama kalinya, Arab Saudi memperbolehkan perempuan masuk stadion olahraga.

Tempat-tempat yang selama ini hanya dapat dikunjungi oleh pria pun mulai bisa mengakomodiasi perempuan dan anak-anak. (cin/has)