Kokain Rp270 M Ditemukan dalam Paket Pisang ke Penjara AS

CNN Indonesia | CNN Indonesia
Senin, 24 Sep 2018 12:39 WIB
Kepolisian AS menemukan 540 paket kokain senilai US$18 juta atau setara Rp270 miliar dalam paket buah pisang yang dikirimkan ke salah satu penjara di Texas. Ilustrasi kokain. (Reuters/Mariana Bazo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Amerika Serikat menemukan 540 paket kokain senilai US$18 juta atau setara Rp270 miliar dalam paket buah pisang yang dikirimkan ke salah satu penjara di Texas.

Departemen Kehakiman Texas melaporkan bahwa paket sumbangan itu berasal dari Pelabuhan Freeport, Texas. Namun, belum diketahui detail pengirim dan waktu pengiriman.

"Kadang-kadang orang memberi Anda lemon, kadang memberi pisang, dan terkadang itu adalah sesuatu yang tidak pernah Anda harapkan," tulis Kementerian Kehakiman AS melalui Facebook.

Paket itu ditemukan pada Jumat (21/9), ketika seorang petugas kementerian mengambil dua paket buah itu. Petugas tersebut dengan cepat menemukan sesuatu yang janggal dalam kotak itu.
"Salah satu sersan baru saja melihat kotak itu dan menduga ada sesuatu yang tidak benar," kata Juru Bicara Kementerian Kehakiman AS, Jeremy Desel, kepada stasiun televisi lokal, KTRK.

"(Dia) melakukan pemeriksaan terhadap kotak itu dan melihat ke dalam salah satu paket dan menemukan benda yang mencurigakan."

Menurut Desel, ada beberapa badan federal seperti Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) yang ikut menyelidiki kasus ini.

"Petugas pengawasan kami memang dilatih untuk melihat hal-hal yang tidak wajar dan tidak benar," kata dia.
Desel menambahkan bahwa ini bukan pertama kalinya terjadi penyelundupan narkoba menggunakan paket buah.

Tahun lalu, sekitar 2 ton ganja disembunyikan di antara limau dalam pengiriman di perbatasan Texas-Meksiko.

Tim K-9 menemukan ebih dari 34.000 paket buah palsu dalam operasi tersebut. Menurut pernyataan CBP, obat-obatan tersebut diduga bernilai sekitar $790 ribu.

Dua tahun lalu, sebanyak 1.130 kilogram mariyuana disembunyikan dalam kemasan berbentuk wortel yang dikirimkan dari Meksiko. (cin/has)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER