Berlian Hingga Tas Mewah, Fakta Hidup Glamor Istri Najib

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 18:45 WIB
Berlian Hingga Tas Mewah, Fakta Hidup Glamor Istri Najib Dirundung isu skandal korupsi 1MDB, Rosmah Mansor yang tak lain adalah istri mantan Perdana Menteri Najib Razak, dikenal sebagai tokoh dengan kehidupan glamor. (Reuters/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dirundung isu skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Rosmah Mansor yang tak lain adalah istri mantan Perdana Menteri Najib Razak dikenal sebagai tokoh dengan kehidupan glamor.

Terkait skandal itu sendiri, Rosmah dijatuhi 17 dakwaan kasus pencucian uang yang sebagian besar berhubungan dengan gaya hidup mewahnya.

Dikenal sebagai pencinta tas mewah dan perhiasan mahal, berikut fakta singkat mengenai Rosmah Mansor.
1. Ibu Negara


Rosmah lahir dan besar di Kuala Pilah, Malaysia, pada 1951. Ia kemudian menempuh pendidikan sosiologi dan antropologi sebelum mengambil gelar master di AS.

Pada 1987, Rosmah menikahi Najib yang saat itu masih menjabat sebagai menteri pemuda dan olahraga Malaysia. Mereka memiliki dua anak dan lima anak tiri dari pernikahan sebelumnya. Pernikahan ini merupakan pernikahan kedua untuk keduanya.

Pada 2009, Najib menjadi perdana menteri Malaysia. Rosmah pun menyandang status Ibu Negara.

2. Sering Belanja

Berbagai media dalam negeri dan internasional selalu menggambarkan Rosmah sebagai orang yang boros.

Wall Street Journal melaporkan biaya kredit Rosmah mencapai US$ 6 juta atau setara Rp91 miliar antara 2008 sampai 2015 akibat belanja di London, New York, dan berbagai tempat lainnya.
Pada 2015, ia sempat dicemooh publik karena mengeluh harus membayar 1.200 ringgit atau setara Rp4 juta untuk biaya mengecat rambutnya pada saat upah minimum Malaysia RM900 (Rp3 juta) sebulan.

3. Koleksi tas mewah

Rosmah suka mengoleksi aksesoris karya desainer kenamaan khususnya tas mewah. Ia memiliki tas mewah yang diperkirakan bernilai ribuan dolar.
Berlian Hingga Tas Mewah, Fakta Hidup Glamor Istri NajibPolisi menyita 567 tas mewah termasuk 272 tas merek Hermes yang bernilai US $ 13 juta (Rp198 miliar) dari sejumlah properti Najib. (Ariffin Jamar/The Straits Times via Reuters)
Polisi menyita 567 tas mewah termasuk 272 tas merek Hermes yang bernilai US $ 13 juta (Rp198 miliar) dari sejumlah properti Najib. Namun, Najib mengatakan bahwa tas mewah tersebut merupakan hadiah.

4. Koleksi berlian berwarna merah muda

Pada 2017, Kementerian Kehakiman AS (DOJ) menyatakan US$ 30 juta (Rp456 miliar) dari dana 1MDB dihabiskan untuk membeli perhiasan yang diberikan kepada Rosmah, termasuk satu set kalung berlian berwarna merah muda senilai US$27 juta (Rp410 miliar).

Namun, Najib mengatakan kepada Reuters bahwa istrinya tidak pernah menerima satu set berlian berwarna merah muda. (cin/has)