Perdana, Perempuan Pimpin Komando Militer Terbesar AS

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/10/2018 13:10 WIB
Perdana, Perempuan Pimpin Komando Militer Terbesar AS Laura J. Richardson kembali mencetak sejarah dalam militer setelah diangkat menjadi pemimpin Komando Angkatan Bersenjata AS (FORSCOM). (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertama kalinya dalam sejarah, seorang perempuan menjadi pimpinan komando terbesar angkatan bersenjata Amerika Serikat.

Laura J. Richardson kembali mencetak sejarah dalam militer setelah diangkat menjadi pemimpin Komando Angkatan Bersenjata AS (FORSCOM).

Sebelum memimpin 776 tentara dan 96 ribu pegawai sipil di FORSCOM, Richardson sudah beberapa kali memecahkan rekor dalam militer AS.
Richardson bergabung dengan Angkatan Darat AS pada 1986. Pada 2012, ia menjadi wakil komandan pertama untuk divisi kavaleri ke-1, yang biasanya dikenal sebagai "Unit Utama Amerika."


Pada 2017, Richardson menjadi orang kedua di bawah komando Jenderal Robert B. Abrams, ketika dia ditunjuk sebagai wakil komandan perempuan pertama FORSCOM di Fort Bragg, North Carolina.

Ia kemudian mengambil alih jabatan ketika Abrams turun dari jabatannya, menjadikan Richardson sebagai perempuan pertama yng menjadi komandan di satuan tersebut.



Sepanjang kariernya, Richardson pernah menjadi pembantu militer untuk wakil presiden dan petugas penghubung Angkatan Darat ke Senat AS. (cin/has)