Badai Willa Terjang Meksiko

Tim , CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 08:45 WIB
Badai Willa Terjang Meksiko Ilustrasi (Reuters/Steve Nesius)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat badai Willa telah menghantam tepi pantai Meksiko pada Selasa malam dengan kecepatan angin 195 km per jam. Hurikan ini telah meniup bangunan dan menghempaskan hujan di resor wisata. Ribuan orang telah dievakuasi untuk mengurangi dampak dari badai ini.

Saat mencapai daratan Meksiko, badai ini telah turun menjadi kategori 3 pada skala Saffir-Simpson dari sebelumnya berkategori 5 saat masih di perairan Samudera Pasifik.

Berdasarkan penginderaan satelit, badai ini berbelok ke daratan dekat kota Teacapan, sekitar 100 km di selatan dari resor pesisir Mazatlan di negara bagian Sinaloa.


Menurut Pusat Topan Nasional (NHC) yang bermarkas di Miami, badai ini menjadi salah satu badai paling kuat yang menghantam Meksiko dari Pasifik dalam beberapa tahun terakhir. Badai ini umumnya cepat melemah begitu tiba di daratan dan bergerak ke pedalaman.

Saat ini badai itu berada di sekitar 50 mil (80 km) selatan Mazatlan dan mengarah ke timur laut dengan kecepatan angin yang terus melemah, kini hanya 16 kilometer per jam saja.

Pusat badai tetap memperingatkan agar orang-orang tidak mendekat ke pusat "mata angin yang relatif tenang" itu, karena angin badai bisa tiba-tiba meningkat.

Badai ini sempat mencapai status Kategori 5 yang jarang terjadi pada Senin (22/10) dengan kecepatan angin hingga 160 mph (260 kph) sebelum akhirnya melemah.

Jalan-jalan di dekat pusat kota bersejarah Mazatlan sangat sepi ketika saat hujan semakin kuat, dan meniup kencang pohon-pohon palem. Pusat konvensi utama kota itu ditunjuk sebagai tempat penampungan. Sebanyak 182 orang mengungsi disana untuk mencari keselamatan.

"Rumah saya terbuat dari lembaran logam, kayu dan karton, dan saya takut rumah itu akan menimpa saya," kata Rosa Maria Carrillo (36) di tempat penampungan dengan lima anaknya yang berusia 8 dan 15 tahun.

Beberapa tempat wisata lainnya di negara bagian Nayarit serta resor pantai Puerto Vallarta di negara bagian Jalisco terletak di jalan Willa, badai diperkirakan akan membawa gelombang besar, angin, dan hujan yang mengancam korban jiwa. (eks/eks)