Gempa 6,8 SR Terjadi di Yunani, Muncul Peringatan Tsunami

Tim , CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 08:13 WIB
Gempa 6,8 SR Terjadi di Yunani, Muncul Peringatan Tsunami Ilustrasi (Laborratte/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa dengan kekuatan 6,8 skala richter (SR) mengguncang Yunani pada Jumat pagi (26/10), seperti disampaikan pengamat gempa USGS (lembaga survey geologi AS).

Seorang pejabat di sana mengkonfirmasi peringatan tsunami telah dikeluarkan, yang merupakan standar untuk tremor di atas 5,5.

"Ini (gempa yang) kuat, barang-barang jatuh dari rak," jelas seorang saksi di Katastari, Yunani, yang terletak di 36 kilometer di utara episentrum, dalam tulisannya di situs web European-Mediterranean Seismological Center (EMSC), seperti dikutip Reuters.


Menurut USGS, gempa dimulai dengan kekuatan 5 SR dan diikut gempa susulan yang lebih kecil. Awalnya, gempa ini dilaporkan berkekuatan 7 SR.

Hingga saat ini masih belum ada laporan tentang total kerusakan atau korban jiwa, seperti disampaikan seorang pejabat brigade pemadam kebakaran di Athena.

Media lokal melaporkan beberapa kerusakan akibat gempa dan putusnya aliran listrik, seperti dilansir AFP. Biara abad ke-15 di daerah Strofades di pulau itu juga dilaporkan rusak.

Pusat gempa berada di Laut Ionia, sekitar 133,5 km di barat daya Patras, Peloponnese. Gempa ini terasa di pulau-pulau selatan Yunani, Zakynthos, seperti dilaporkan USGS .

Sementara pengamat gempa Yunani menyebut bahwa getaran terkuat dirasakan di Zante, sebuah pulau tujuan liburan yang populer sehingga memiliki bandara internasional sendiri. Getaran juga dirasakan di ibu kota Yunani, Athena, hingga Italia.Situs berita Italia Il Messaggero melaporkan bahwa gempa tersebut telah dirasakan ratusan kilometer jauhnya di Italia selatan. Petugas pemadam kebakaran di Sisilia, Calabria, dan Puglia menerima ribuan panggilan telepon untuk informasi tentang gempa.

Gempa ini tergolong dempa dangkal, dengan pusat gempa ada di kedalaman 16,5 km di bawah dasar laut. Gempa terjadi pukul 1:54 pagi dan gempa susulan 5,2 SR terjadi setengah jam kemudian.

Yunani berada di antara dua lempeng tektonik dan sering mendapat gempa bumi, namun gempa di wilayah ini jarang mengakibatkan kerusakan parah. (eks/eks)