Pria Penembak di Sinagoge Amerika Diduga Anti-Yahudi

CNN, CNN Indonesia | Minggu, 28/10/2018 00:54 WIB
Pria Penembak di Sinagoge Amerika Diduga Anti-Yahudi Ilustrasi penembakan. (REUTERS/Ernest Scheyder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tersangka pelaku penembakan yang menewaskan sejumlah orang di sebuah Sinagoge di Pittsburgh, Amerika Serikat, diketahui bernama Robert Bowers, 46 tahun.

Pejabat kepolisian mengatakan kepada CNN bahwa tersangka mengeluarkan pernyataan anti-Yahudi selama melepaskan tembakan di dekat Sinagoge Pohon Kehidupan.

Pejabat resmi setempat belum mengumumkan secara rinci jumlah korban tewas dan luka akibat tembakan yang terjadi Sabtu pagi itu. Dugaan sementara ada sekitar tiga orang tewas dalam insiden ini.


Pelaku penembakan disebut langsung menyerahkan diri setelah melepaskan tembakan.

Dalam websitenya, Sinagoge Pohon Kehidupan menyatakan menaungi jemaat Yahudi konservatif. Sinagog ini terletak di Squirrel Hill, sebuah lingkungan Yahudi yang bersejarah.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan kepada wartawan di Maryland bahwa penembakan itu peristiwa yang mengerikan.

"Peristiwa di Pittsburgh jauh lebih parah dari perkiraan. Saya telah berbicara dengan Wali Kota dan Gubernur untuk memberitahu mereka bahwa pemerintah federal akan bersama mereka untuk membantu," kata Trump dalam kicau di akun twitternya.

Gubernur Pennsylvania Tom Wolf mengatakan di twitternya bahwa situasi di lokasi penembakan serius dan kepolisian merespons dengan mengutamakan membantu warga sekitar.

"Ini benar-benar sebuah tragedi. Aksi kekerasan yang tidak masuk akal ini bukanlah gambaran kita sebagai warga Amerika," kata Wolf dalam kicaunya.

"Pikiran saya saat ini terfokus pada para korban dan keluarga mereka, dan memastikan aparat hukum mendapatkan apa yang mereka butuhkan." (wis)