Pemimpin Badan Keagamaan Afghanistan Tewas Dibunuh

CNN Indonesia | Minggu, 25/11/2018 05:31 WIB
Pemimpin Badan Keagamaan Afghanistan Tewas Dibunuh erangan di Afghanistan. (REUTERS/Mohammad Ismail).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin badan keagamaan tertinggi Afghanistan, Mawlawi Abdul Basir Haqqani ditemukan tewas dibunuh di Kabul pada Sabtu (24/11) dalam sebuah serangan. Peristiwa ini hanya berselang empat hari setelah 55 ulama tewas dalam serangan bunuh diri di ibukota Kabul.

Dikutip Reuters, Haqqani yang merupakan pemimpin Dewan Ulama Kabul ditemukan tewas dengan luka tembak. Jasadnya ditemukan di dekat daerah permukiman Kabul, kata pejabat tinggi polisi yang namanya tidak disebutkan.

Pembunuhan Haqqani terjadi ketika anggota dewan itu mengatasi serangan bunuh diri yang menewaskan 55 ulama dan melukai lebih dari 90 orang. Serangan itu terjadi ketika orang-orang berkumpul di balai perjamuan di Kabul untuk merayakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad.



Dewan Ulama Afghanistan adalah lembaga keagamaan ulama yang didanai pemerintah, namun berdiri secara otonom. Badan itu didirikan setelah Taliban jatuh pada 2002. Lembaga itu hadir di 34 provinsi Afghanistan. Haqqani memimpin cabang Kabul dewan tersebut.

Pada 2018, dewan itu memiliki lebih dari 2.500 anggota cendekiawan keagamaan dan ulama, baik Sunni maupun Syiah.

Peran mereka terutama melakukan upacara keagamaan, memberi saran kepada pemerintah dalam masalah yurisprudensi Islam. Anggotanya mendukung penyelesaian secara damai terkait perang Afghanistan, tapi Taliban memandang mereka sebagai "boneka keagamaan pemerintah dukungan Barat".

(osc/osc)