Pemprov di Jepang Beri Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 05:40 WIB
Pemprov di Jepang Beri Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda Ilustrasi dampak tsunami Selat Sunda. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi Ehime, Jepang, memberikan bantuan untuk korban bencana tsunami Selat Sunda yang diserahkan secara simbolis kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya di Jakarta, Senin (14/1).

"Sebagai tanda simpati, kami kumpulkan donasi dari perusahaan-perusahaan dan dari pemerintah daerah. Mungkin nilainya tidak seberapa, tapi ini sebagai tanda bukti kami simpati terhadap apa yang terjadi di Indonesia," ujar Gubernur Provinsi Ehime, Tokihiro Namura.

Namura tak merinci jenis bantuan yang diberikan. Namun, ia berharap pemerintah Indonesia berkenan menerima bantuan tersebut. 
JK pun menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari pemerintah Provinsi Ehime. JK mengatakan bantuan itu sangat penting mengingat belakangan sejumlah bencana alam terjadi dalam waktu yang berdekatan. 


"Dalam tiga bulan terakhir, September sampai Desember, mengalami dua kali tsunami dan satu kali gempa bumi sehingga korban hampir 7 ribu orang. Jadi setiap bantuan sangat penting," ucap JK. 

Selain memberikan bantuan untuk tsunami Selat Sunda, pemerintah Provinsi Ehime juga membahas rencana investasi sejumlah perusahaan di beberapa daerah dan Sulawesi Selatan yang merupakan kota asal JK. 
Namura mengatakan ada sekitar 17 perusahaan asal Ehime yang 15 di antaranya telah membangun pabrik di Indonesia. Pihaknya juga tengah berencana mengembangkan budidaya ikan tuna di Makassar. 

JK pun menyambut baik rencana investasi tersebut. Menurutnya, upaya investasi dari Provinsi Ehime dapat memperbaiki sistem logistik, khususnya di Pulau Jawa. 

"Ini akan memberi kesempatan kepada perusahaan Jepang yang banyak investasi, khususnya di sekitar Jawa Barat, agar lebih mudah melakukan kerja sama Indonesia dengan Jepang," katanya. (pris/has)