Jelang KTT, Trump dan Kim Jong-un Akan Makan Malam Bersama

CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 11:27 WIB
Jelang KTT, Trump dan Kim Jong-un Akan Makan Malam Bersama Ilustrasi pertemuan Presiden AS, Donald Trump, dan Pemimpin Korea, Kim Jong Un. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dijadwalkan akan melakukan makan malam bersama pada Rabu (27/2) besok. Kegiatan itu sebagai pembuka pertemuan mereka selama dua hari di Hanoi, Vietnam.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, mengatakan Trump dan Kim Jong-un juga akan bertatap muka untuk pertama kalinya sebelum jamuan makan malam berlangsung.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dan Pelaksana Kepala Staf Kepresidenan Mick Mulvaney, dijadwalkan akan mendampingi Trump dalam acara makan malam tersebut.


Sementara itu, Kim Jong-un dikabarkan akan ditemani dua pejabatnya dalam jamuan tersebut.
Dikutip AFP, sejauh ini, belum ada rincian jelas terkait agenda pertemuan kedua pemimpin yang dijadwalkan berlangsung hingga lusa tersebut. Namun, pertemuan utama Kim Jong-un dan Trump dijadwalkan berlangsung pada Kamis (28/2), dengan agenda utama membicarakan perkembangan denuklirisasi dan perjanjian damai Perang Korea.

Trump dijadwalkan tiba di Vietnam pada Selasa (26/2) malam dengan pesawat kenegaraannya Air Force One. Presiden AS ke-45 itu direncanakan akan bertemu sejumlah pemimpin Vietnam pada Rabu pagi, sebelum memulai rangkaian pertemuannya dengan Kim Jong-un.

Kepada wartawan di Washington, Trump yakin pertemuan keduanya dengan Kim Jong-un nanti akan menjadi "KTT yang luar biasa."

[Gambas:Video CNN]

Dia juga mengaku terus mengembangkan "hubungan yang sangat, sangat baik" dengan pemimpin negara terisolasi itu sejak pertemuan perdana mereka pada Juni lalu di Singapura.

Rombongan Kim Jong-un telah sampai di Stasiun Dong Dang, perbatasan Vietnam, pada Selasa pagi setelah menempuh dua setengah hari perjalanan dari Pyongyang menggunakan kereta api.

Dari stasiun Dong Dang, rombongan Kim Jong-un masih harus menempuh jarak sekitar 170 kilometer menuju Hanoi menggunakan kendaraan.

Otoritas Vietnam mengatakan jalan dari stasiun Dong Dang menuju Hanoi akan disterilkan sejak Selasa pagi hingga waktu yang belum ditentukan.
Sama seperti Trump, Kim Jong-un juga akan melakukan kunjungan kenegaraan dan bertemu dengan sejumlah pemimpin Vietnam. Selain menghadiri KTT dengan Trump, dia juga dikabarkan akan meninjauh sejumlah pabrik industri dan manufaktur Vietnam selama berada di negara Asia Tenggara itu. (rds/ayp)