Pesawat Maskapai Inggris Tujuan Jerman 'Nyasar' ke Skotlandia

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 01:25 WIB
Pesawat Maskapai Inggris Tujuan Jerman 'Nyasar' ke Skotlandia Ilustrasi pesawat British Airways. (Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maskapai penerbangan asal Inggris, British Airways, harus meminta maaf kepada seluruh penumpangnya. Penyebabnya adalah pesawat yang mereka tumpangi keliru mendarat di Edinburgh, Skotlandia padahal tujuan utamanya adalah Dusseldorf, Jerman.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (26/3), pesawat BAe-146 milik British Airways yang membawa 96 penumpang itu berangkat dari London. Tujuan utamanya adalah Kota Dusseldorf di Jerman.
Akan tetapi, pilot malah mendaratkan pesawatnya di Edinburgh yang merupakan Ibu Kota Skotlandia.

Menurut pihak maskapai, pesawat mereka dioperasikan oleh perusahaan alih daya (outscource) asal Jerman, WDL Aviation, bersama untuk anak perusahaan British Airways, CityFlyer. Seluruh awak juga disediakan oleh WDL Aviation.


WDL Aviation adalah anak perusahaan milik badan usaha logistik berbasis di Berlin, Zeitfracht Group.
"Kami bersama WDL Aviation, yang menjalankan penerbangan atas nama British Airways, sedang mencari tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Kami meminta maaf kepada seluruh penumpang atas gangguan dalam penerbangan mereka, dan akan menghubungi mereka satu persatu," demikian pernyataan British Airways.

Sedangkan WDL Aviation menyatakan mereka langsung menerbangkan pesawat itu ke Dusseldorf, Jerman setelah keliru mendarat di Skotlandia.
"Kami sedang bekerja sama dengan otoritas setempat untuk menyelidiki bagaimana peristiwa ini bisa terjadi," demikian pernyataan WDL Aviation. (ayp/ayp)