Pilpres Ukraina, Seorang Komedian Unggul Hadapi Petahana

CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 00:44 WIB
Pilpres Ukraina, Seorang Komedian Unggul Hadapi Petahana Capres petahana Ukraina, Petro Poroshenko harus mengakui keunggulan pesaingnya, Komedian Volodymyr Zelenskiy yang unggul di Pilpres Ukraina, REUTERS/Grigory Dukor
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilihan umum presiden Ukraina resmi dimulai Minggu (31/3), dan mulai masuk penghitungan suara. Komedian Volodymyr Zelenskiy diumumkan untuk sementara unggul dengan persentase 30,4 persen suara, dan capres petahana Presiden Petro Poroshenko yang berada di posisi kedua dengan 17,8 persen.

Dilansir Reuters, Minggu (31/3) keunggulan komedian tersebut berdasarkan hasil penghitungan Komisi Pemilihan Umum setempat didasarkan pada pemungutan suara hingga 18:00 (15:00 GMT).

"Jika tidak ada kandidat yang menerima lebih dari setengah suara, pemilihan akan kembali dilakukan 21 April," sebuah pernyataan penyelenggara pemilu.



Pilpres Ukraina, Seorang Komedian Unggul Hadapi PetahanaVolodymyr Zelenskiy. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Seperti diketahui, Presiden Ukraina Petro Poroshenko kembali mencalonkan diri menghadapi pesaing utamanya seorang komedian, Volodymyr Zelenskiy.

Zelensky dikenal sebagai seorang komedian beusia 41 tahun. Dia dikenal melalui acara 'Servant of the People'. Dalam sejumlah survei, elektabilitas Zelensky memang naik tajam dibandingkan petahana. Zelensky mewakili kaum muda Ukraina yang jenuh dengan sejumlah persoalan korupsi hingga tingkat ekonomi yang stagnan.

Zelensky punya keunggulan di kaum pemilih muda. Para pemuda itu mengakui bahwa Zelensky memang tak punya pengalaman, namun mereka percaya bahwa Zelensky punya kekuatan untuk memimpin Ukraina yang diisi 45 juta penduduk.

"Saya tidak punya semua pengetahuan tapi saya tengah belajar saat ini," kata Zelensky dalam sebuah wawancara dengan AFP, belum lama ini.



Tonton juga: VIDEO: Komedian Ukraina Unggul dalam Pemilihan Presiden
[Gambas:Video CNN] (ain/ain)