Sekitar 30 Pemadam China Meninggal dalam Kebakaran Hutan

CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 13:30 WIB
Sekitar 30 Pemadam China Meninggal dalam Kebakaran Hutan Ilustrasi kebakaran hutan. (REUTERS/Eric Thayer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 30 anggota pemadam di China meninggal saat berjibaku menghadapi kebakaran hutan di wilayah pegunungan di sebelah barat daya Provinsi Sichuan. Namun, kobaran si jago merah berhasil dihentikan.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (2/4), insiden itu terjadi pada Minggu pekan lalu. Saat itu 27 anggota pemadam dan tiga orang tenaga bantuan naik ke pegunungan di Kota Xichang untuk memadamkan api. Namun, ketika sedang menghadapi api, arah angin tiba-tiba berubah dan kobaran di jago merah memerangkap seluruh tim.
Mereka akhirnya meninggal. Pemerintah China lantas mengerahkan tim evakuasi dari darat dan udara. Jasad para pemadam yang meninggal dibawa turun dari pegunungan menggunakan helikopter ke kota Xichang.

Sedangkan bala bantuan pemadam didatangkan untuk terus menanggulangi kobaran api supaya tidak meluas.


Jumlah pemadam yang meninggal saat menghadapi kebakaran hutan kali ini menjadi yang kedua terparah sejak 2015. Ketika itu, sekitar 173 orang pemadam dan tim evakuasi meninggal saat menghadapi kebakaran yang memicu ledakan di gudang bahan kimia di Pelabuhan Tianjin.
Saat ini pegunungan dekat Kota Xichang masih terlihat kepulan asap. Namun, pemerintah menjamin sebaran api sudah berhasil ditaklukkan. (ayp/ayp)