Trump Kembali Ancam Tutup '100 Persen' Perbatasan Meksiko

CNN Indonesia | Rabu, 03/04/2019 01:53 WIB
Trump Kembali Ancam Tutup '100 Persen' Perbatasan Meksiko Presiden AS Donald Trump. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengancam akan menutup perbatasan AS-Meksiko bila Meksiko tidak segera mengambil tindakan untuk membendung aliran imigran ke AS.

Dalam ancamannya kali ini, Trump bahkan mengatakan akan menutup seluruh perbatasan negeri Paman Sam itu dengan Meksiko.

"Jika tidak, atau jika kita tidak membuat kesepakatan dengan Kongres, perbatasan akan ditutup, 100 persen," kata Trump kepada wartawandi Gedung Putih, seperti dikutip Reuters, Selasa (2/4).


Meski mengancam akan melakukan penutupan perbatasan, Trump melanjutkan siap untuk menutup sebagian besar perbatasan, bila ada langkah nyata dari Meksiko.

"Mungkin tidak semuanya."
Ancaman ini merupakan yang kesekian kalinya dilontarkan Trump. Pekan lalu, melalui akun Twitternya, Trump juga melontarkan ancaman serupa.

"Mungkin menutup Perbatasan Selatan. Meksiko tak melakukan apa pun untuk membantu menghentikan arus imigran ilegal ke negara kami. Mereka hanya berbicara tanpa tindakan," kata Trump.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez-Obrador, sebelumnya juga mengaku sudah mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi persoalan imigran.

"Kami juga akan menolong dengan cara apa pun yang kami bisa. Kami tidak ingin ada konfrontasi dengan Amerika Serikat," ujarnya.
Menurut Lopez-Obrador, cara terbaik menangani isu imigran ini adalah dengan mengatasi akar masalah di negara asal.

Para imigran dari Amerika Tengah itu kabur ke AS untuk menghindari segala bentuk kekerasan, termasuk akibat persaingan kartel narkoba.

Sejak dilantik, Trump terus berupaya menerapkan pendekatan keras terhadap imigran ilegal ini karena dianggap membahayakan AS.
[Gambas:Video CNN] (ugo/ugo)