Jokowi-Ma'ruf Kuasai Suara di Inggris dan Irlandia

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 12:02 WIB
Jokowi-Ma'ruf Kuasai Suara di Inggris dan Irlandia Paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, menguasai perolehan suara sementara dalam pemilihan umum di Inggris dan Irlandia. (Dok. KBRI London)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, menguasai perolehan suara sementara dalam Pemilihan Umum 2019 di Inggris dan Irlandia.

Berdasarkan hasil penghitungan sementara Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) London, Jokowi-Ma'aruf berhasil meraup 2.966 suara atau 73,82% dari total 4.018 suara yang telah dihitung.
Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya mendapat 942 suara (23,44%) sampai saat ini.

"Surat suara yang dinyatakan tidak sah berjumlah 110 buah (sejauh ini)," bunyi pernyataan PPLN London dan Panwaslu London yang diterima CNNIndonesia.com pada Selasa (18/4).


Sementara itu, daftar pemilih tetap (DPTLN) di Inggris dan Irlandia berjumlah 7.599 orang.  Sebanyak 1.849 pemilih datang langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 5.750 lainnya melalui pos.
Surat suara yang dikirimkan melalui pos sendiri masih akan diterima PPLN London sampai 17 April 2019 pukul 24.00 waktu setempat.

"Sampai dengan diterbitkannya siaran pers ini, proses penghitungan suara untuk anggota legislatif melalui metode pos masih berlangsung di KBRI London," tulis PPLN London.

[Gambas:Video CNN]

Selain London, Jokowi juga menang di tempat pemungutan suara luar negeri lainnya, termasuk Bangkok, Beijing, Moskow, Pyongyang, Madrid, dan Melbourne.

Sementara itu, Prabowo unggul di sejumlah tempat pemungutan suara luar negeri lain, seperti Suriah, Islamabad, Karachi, Khartoum, dan Tripoli. 

Dalam pemilihan di Indonesia, Jokowi juga terpantau menguasai suara. Merujuk pada hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi unggul dengan suara di atas 50 persen. (rds/has)