Utusan Korut ke Rusia Siapkan Pertemuan Putin-Kim Jong-un

CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 06:28 WIB
Utusan Korut ke Rusia Siapkan Pertemuan Putin-Kim Jong-un Ilustrasi. (Reuters/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Utusan Korea Utara dilaporkan tiba di Moskow, Rusia, untuk mempersiapkan pertemuan antara Kim Jong-un dan Presiden Vladimir Putin.

Sejumlah media lokal melaporkan bahwa utusan Korut tersebut bertemu dengan sejumlah pejabat Rusia pada Rabu (17/4) untuk mempersiapkan pertemuan kedua pemimpin negara yang mungkin akan diselenggarakan pekan depan.

"Persiapan aktif untuk potensi pertemuan sedang berjalan," ujar seorang pejabat di kantor kepresidenan Rusia, Yuri Ushakov, sebagaimana dikutip AFP.


Ushakov masih enggan merinci lokasi dan waktu pasti pertemuan antara Kim dan Putin. Namun sebelumnya, media Korsel, Rusia, dan Jepang melaporkan bahwa kedua pemimpin itu kemungkinan akan berjumpa di Vladivostok.
Mengutip seorang sumber diplomatik, harian Rusia, Izvestia, melaporkan bahwa pertemuan itu diperkirakan bakal dihelat sebelum Putin bertolak ke China untuk menghadiri pertemuan pada 26-27 April.

Indikasi pertemuan ini kian kuat setelah kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa maskapai Air Koryo yang biasa membawa Kim dijadwalkan melakukan penerbangan khusus ke Vladivostok pada Selasa pekan depan.

Surat kabar Jiji Press kemudian mengutip sejumlah sumber diplomatik Rusia bahwa mereka "99 persen" yakin Putin dan Kim akan bertemu di Vladivostok pada Rabu pekan depan.

[Gambas:Video CNN]

Meski demikian, sumber itu mengatakan bahwa rencana yang hampir final ini bisa berubah karena Kim adalah "orang yang impulsif."

Selama ini, Rusia terus berupaya menguatkan peran mereka dalam perundingan soal program senjata nuklir Korut.

Setelah Kim bertemu dengan Presiden Donald Trump untuk kedua kalinya pada Februari lalu, utusan AS dilaporkan berkunjung ke Rusia untuk membicarakan denuklirisasi Korut. (has/has)