Jokowi Menang Dalam Pemilu 2019 di Swiss

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 18:35 WIB
Jokowi Menang Dalam Pemilu 2019 di Swiss Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi). (Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dalam penghitungan suara Pemilu 2019 di Swiss. Mereka tercatat meraup 78,4 persen suara.

Menurut keterangan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bern di Jakarta, Kamis (18/4), pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 760 suara.
Sementara pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 175 suara, atau 18 persen dari total suara, seperti dilansir Antara.

Selain itu, sebanyak 34 surat suara atau 3 persen dari keseluruhan suara dinyatakan tidak sah.


Sesuai dengan ketentuan KPU, PPLN Bern mengadakan penghitungan suara Pemilu 2019 di gedung KBRI Bern pada Rabu (17/4) kemarin. Penghitungan suara berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.
Sebagaimana pencoblosan Pemilu 2019 pada 13 April, kali ini KBRI Bern kembali bekerja sama dengan PPLN Bern untuk menyiarkan penghitungan secara langsung melalui tautan Youtube dan Facebook.

Penghitungan suara yang dilakukan oleh PPLN Bern juga mencatat 92 persen WNI di Swiss menggunakan hak suaranya untuk memilih presiden dan wakil Presiden, serta wakil DPR di wilayah akreditasi Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein.

"Ini merupakan angka yang tinggi untuk menggambarkan kesadaran demokrasi yang baik," ujar Duta Besar RI di Bern, Muliaman D. Hadad.

[Gambas:Video CNN]

Antusiasme dalam mengikuti pemilu juga terlihat dari para WNI yang datang berkunjung ke KBRI Bern untuk menyaksikan langsung proses penghitungan suara. Beberapa WNI bahkan sengaja mengambil cuti dari pekerjaan masing-masing.

Proses penghitungan suara dihadiri para saksi dari partai politik dan tim kemenangan kedua calon presiden dan wakil presiden. (Antara/ayp)