ISIS mengklaim Tewaskan 10 tentara Nigeria

CNN Indonesia | Minggu, 05/05/2019 04:57 WIB
ISIS mengklaim Tewaskan 10 tentara Nigeria Boko Haram. (Emmanuel Braun).
Jakarta, CNN Indonesia -- Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim telah menewaskan 10 tentara Nigeria dalam serangan di bagian timur laut Kota Magumeri, Nigeria. Kelompok itu mengumumkannya melalui kantor berita AMAQ pada Sabtu (4/5) waktu setempat.

Dikutip dari Reuters, organisasi jihadis terse but mengatakan serangan terhadap tentara itu terjadi di negara bagian Borno pada hari Jumat (3/5). Mereka menerbitkan foto-foto barak yang terbakar dan mayat-mayat yang diklaim milik para prajurit.

Beberapa sumber di Nigeria, termasuk satu sumber militer, membenarkan klaim tersebut. Mereka mengatakan para pejuang menyerbu kota sekitar pukul 17.45 waktu setempat, menyerbu personil militer sekaligus toko-toko lokal di wilayah tersebut.

Para prajurit melarikan diri setelah militer meminta dukungan angkatan udara dan bala bantuan dari batalion di Gubio, kota yang brada di camping lokasi kejadian.


Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP) telah melakukan serangkaian serangan di Nigeria dalam beberapa bulan terakhir.

Pada 2016, Kelompok itu memisahkan diri dari Boko Haram yang berpusat di Nigeria. Mereka telah melancarkan pemberontakan selama satu dekade di timur laut Nigeria yang telah menewaskan sekitar 30 rib orang dan menggusur 2 juta orang.




(reuters/lav)