Bom Koper Lukai 13 Orang di Prancis, Polisi Buru Pelaku

CNN Indonesia | Sabtu, 25/05/2019 15:28 WIB
Bom Koper Lukai 13 Orang di Prancis, Polisi Buru Pelaku Kepolisian Prancis memburu pelaku bom koper yang meledak di Kota Lyon dan melukai setidaknya 13 orang pada Jumat (24/5). (Reuters/Emmanuel Foudrot)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Prancis memburu pelaku bom koper yang meledak di Kota Lyon dan melukai setidaknya 13 orang pada Jumat (24/5).

Operasi perburuan pelaku itu mulai digencarkan pada Sabtu (25/5) pagi. Melalui Twitter, kepolisian Prancis mengumumkan bahwa pelaku diyakini berusia 30-an.
Mereka lantas merilis foto terduga pelaku. Di dalam foto itu, pelaku memakai celana pendek berwarna cerah dengan atasan lengan pendek gelap.

Pria itu tertangkap kamera pengawas mengendarai sepeda di dekat lokasi tak lama sebelum bom meledak.


Seorang sumber dari kepolisian mengatakan kepada AFP bahwa pria itu meletakkan satu koper berisi bahan peledak dengan sekrup dan baut di depan satu toko kue di Lyon sekitar pukul 17.30.
Tak lama setelah pria itu meninggalkan lokasi, bom meledak di depan restoran yang terletak di antara Saone dan Sungai Rhone tersebut.

"Ada ledakan. Saya pikir ada tabrakan mobil. Namun kemudian, saya lihat jendela toko pecah," ujar Eva, saksi mata yang berada di dekat lokasi saat ledakan terjadi.

Insiden ini mengguncang beberapa hari sebelum Prancis menggelar pemilihan umum Parlemen Eropa pada pekan depan. Keamanan dan terorisme adalah dua topik penting yang menjadi sorotan dalam kampanye pemilu.

Prancis sendiri masih berada dalam siaga tinggi usai serangkaian serangan teror yang secara keseluruhan sudah merenggut 250 nyawa sejak 2015 lalu. (has/has)