Trump ke Wartawan soal Putin: Bukan Urusan Kalian

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 12:28 WIB
Trump ke Wartawan soal Putin: Bukan Urusan Kalian Presiden Donald Trump menggertak jurnalis karena bertanya mengenai isu yang akan dibahas dalam pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin di sela KTT G20. (Reuters/Joshua Roberts)
Jakarta, CNN Indonesia -- Donald Trump menggertak jurnalis karena terus bertanya mengenai isu yang akan dibahas dalam pertemuan antara Presiden Amerika Serikat itu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di sela konferensi tingkat tinggi G20 di Jepang.

"Saya akan menggelar pertemuan yang baik dengannya. Apa yang saya katakan kepadanya itu bukan urusan kalian," ujar Trump kepada para wartawan pada Rabu (26/6).
Pertemuan ini memang mendapatkan sorotan luas karena hubungan antara AS dan Rusia penuh kontroversi sejak Trump resmi menjabat pada 2017 lalu.

Kontroversi terbesar yang mendapatkan sorotan luas adalah dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum AS pada 2016 lalu demi memenangkan Trump.


AS pun menggelar penyelidikan besar-besaran yang dipimpin oleh jaksa khusus Robert Mueller. Isu ini lantas menggoyahkan kepemimpinan Trump hingga berembus isu untuk memakzulkan sang presiden.
Trump pun dihujani kritik karena pada pertemuannya dengan Putin di Helsinki tahun lalu, ia sama sekali tak menyinggung masalah intervensi Rusia tersebut.

Namun pada awal Mei lalu, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, memperingatkan agar Rusia tidak mengintervensi pemilihan umum pada 2020 mendatang.

[Gambas:Video CNN]

Pompeo menyampaikan langsung peringatan ini saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

"Saya menegaskan kepada Menlu Lavrov bahwa intervensi dalam pemilu AS sangat tidak bisa diterima. Jika Rusia melakukan intervensi dalam pemilu 2020, itu akan membuat hubungan kami dalam kondisi paling buruk," ujar Pompeo. (has/has)