Mati Lampu Usai, Warga New York Bersorak Sorai

CNN Indonesia | Minggu, 14/07/2019 11:30 WIB
Mati Lampu Usai, Warga New York Bersorak Sorai Pemandangan Manhattan saat pemadaman listrik di New York, Sabtu (13/7). (REUTERS/Jeenah Moon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemadaman listrik di Manhattan, New York berakhir pada hari Sabtu (13/7) waktu setempat telah membuat teater Broadway menjadi gelap, menghentikan kereta bawah tanah, dan mematikan papan iklan di Times Square.

Sekitar 42 ribu pelanggan kehilangan listrik sejak sore hari, menurut perusahaan listrik Con Edison, yang tidak menunjukkan penyebab pemadaman listrik tersebut.

Listrik akhirnya kembali sekitar pukul 22.00, disertai tepuk tangan membahana di sepanjang jalan yang sebelumnya gelap.



Wali Kota Bill de Blasio mengatakan di Twitter bahwa pemadaman itu disebabkan oleh "kesalahan sistem" tetapi kemudian mengatakan kepada CNN bahwa penyebabnya sedang diselidiki.

Sebelumnya pada hari itu, puluhan orang mengunggah foto di media sosial jalan, kereta bawah tanah dan apartemen diselimuti kegelapan.

Pemadaman listrik mengganggu layanan di kota terpadat di Amerika Serikat itu, dengan Otoritas Transportasi Metropolitan New York di Twitter mendorong "semua orang untuk menghindari stasiun kereta bawah tanah".

Petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka menanggapi banyak permintaan bantuan, terutama dari orang-orang yang terjebak dalam lift.

Lampu mobil polisi dan ambulans menjadi satu-satunya cahaya yang menerangi kota elit itu.

Warga New York secara umum menyikapi pemadaman hari Sabtu dengan tenang, beberapa orang berinisiatif mengatur persimpangan mengarahkan lalu lintas.

Petugas berteriak, "Ayo jalan!" pada pengemudi ketika mereka mencoba untuk menjaga lalu lintas tetap mengalir, sementara orang-orang berjalan dengan santai di jalan-jalan yang sementara waktu ditutup untuk kendaraan.


Di hotel Row NYC di 8th Avenue, puluhan tamu duduk di trotoar di luar properti.

Staf hotel meminta mereka untuk tidak masuk karena tidak ada lampu dan lift, kata turis Spanyol berusia 16 tahun, Alba Moreno.

Con Edison mengatakan akan membuat sebagian besar pelanggannya kembali menerima jaringan listrik pada tengah malam, tetapi ada beberapa detail tentang penyebab pemadaman.

"Ini tampaknya kesalahan mereka saat mentransmisikan daya dari satu bagian kota ke bagian lain demi memenuhi permintaan," kata de Blasio.

Wali Kota itu tidak berada di New York melainkan Iowa, di mana ia berkampanye dengan Partai Demokrat untuk posisi presiden meskipun jumlah polling yang diterimanya rendah - yang tidak luput dari perhatian warga New York.

"Berhenti dari kampanye presiden," tulis seorang netizen di Twitter. "Anda jelas harus berada di kota untuk melakukan pekerjaanmu."

Pemadaman mempengaruhi bagian barat Manhattan, khususnya lingkungan Hell's Kitchen dan teater Broadway.

Sebagian besar pertunjukan Broadway dibatalkan, termasuk musikal hit "Hamilton" dan "The Lion King," sementara paduan suara tampil di Carnegie Hall pindah ke trotoar untuk melanjutkan pertunjukan mereka.

Pemadaman ini bertepatan pada hari peringatan pemadaman listrik tahun 1977 yang mempengaruhi hampir seluruh New York karena sedang berjuang melalui krisis ekonomi.

Penjarahan dan vandalisme kemudian pecah, mempengaruhi lebih dari seribu bisnis sebelum lampu kembali pada 25 jam kemudian.


[Gambas:Video CNN]

(AFP/ard)