Kicau Rasis Trump Pancing Amarah Theresa May

CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 20:08 WIB
Kicau Rasis Trump Pancing Amarah Theresa May PM Inggris, Theresa May, meluapkan amarahnya saat menanggapi kicauan bernada rasis Donald Trump yang ditujukan kepada anggota kongres perempuan Partai Demokrat. (Reuters/Clodagh Kilcoyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Inggris, Theresa May, meluapkan amarahnya saat menanggapi kicauan bernada rasis Presiden Donald Trump yang ditujukan kepada anggota kongres perempuan Partai Demokrat pada Minggu (14/7). 


Dilansir dari AFP, melalui juru bicaranya, May mengecam dan menganggap kicauan Trump yang secara tak langsung mengusir anggota Kongres Partai Demokrat itu "sangat tidak bisa diterima." 

"Pandangannya (May) bahwa bahasa yang digunakan untuk merujuk pada perempuan benar-benar tidak dapat diterima," ujar juru bicara May kepada para wartawan. 

Trump dan May memang memiliki hubungan berliku. Relasi keduanya kian buruk setelah kasus memo rahasia Dubes Inggris untuk AS, Kim Darroch, yang mengkritik kepemimpinan Trump. Dalam kasus ini, May membela Darroch.



Sang presiden AS kemudian menyerang balik perdana menteri yang akan segera lengser tersebut dengan mengkritik kebijakannya terkait negosiasi Brexit. 
Kisruh kicauan ini bermula ketika Trump mencuit menggunakan bahasa rasis untuk menyerang anggota kongres perempuan Partai Demokrat yang progresif.

Secara tidak langsung, Trump menyatakan bahwa mereka bukan warga negara asli Amerika Serikat (AS).

Meski tidak menyebut nama secara langsung, Trump mencuit sejumlah anggota kongres perempuan fraksi Demokrat yang dianggap warga keturunan lebih baik angkat kaki ke negara asal mereka.

[Gambas:Video CNN]

Hal itu dilakukan setelah Dewan Perwakilan mengkritik kondisi fasilitas umum di perbatasan AS untuk menampung para pendatang gelap yang ditangkap.

Anggota Dewan Perwakilan yang tersinggung atas cuitan Trump adalah Cortez dari New York, llhan Omar dari Minnesota, Ayanna Pressley dari Massachusetts, dan Rashida Tlaib dari Michigan. (ajw/has)