Kim Jong-un Sidak Kapal Selam Baru Korut

CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 11:11 WIB
Kim Jong-un Sidak Kapal Selam Baru Korut Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan turut serta menginspeksi kapal selam baru, salah satu sistem persenjataan perang tercanggihnya, bersama sejumlah pejabat lain, Selasa (23/7).

"Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un mempelajari secara terperinci tentang data operasional dan taktis serta sistem persenjataan tempurnya," kata Kantor berita Korut, KCNA.


KCNA menuturkan kapal selam itu akan dikerahkan ke Laut Timur atau Laut Jepang tanpa menjelaskan spesifikasinya. Media pemerintah Korut  juga tak menjelaskan lokasi Kim Jong-un menginspeksi kapal tersebut.


Dikutip AFP, sidak ini berlangsung sepekan setelah Kim Jong-un mengancam Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk tidak menggelar latihan militer bersama bulan depan.

Pyongyang memperingatkan latihan militer bersama kedua negara itu "dapat mempengaruhi" perundingan denuklirisasi antara Korut dan AS.


Padahal, Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump sepakat untuk melanjutkan pembicaraan denuklirisasi setelah bertemu secara mendadak di zona demilitarisasi (DMZ) atau perbatasan kedua Korea pada 30 Juni lalu.

Korut menganggap latihan militer AS-Korsel bulan depan sebagai "tekanan terang-terangan" terhadap negaranya yang "melanggar semangat" dari pernyataan bersama yang disepakati Trump dan Kim Jong-un dalam pertemuan perdana mereka di Singapura pada Juni 2018 lalu.


Latihan bersama tahunan AS-Korsel selama ini memang kerap membuat Korut geram. Latihan itu melibatkan setidaknya 30 ribu personel AS dan 10 ribu personel Korsel.

Pyongyang menganggap latihan bersama Korsel-AS itu merupakan bentuk invasi terhadap negaranya.

[Gambas:Video CNN] (rds/dea)