Aparat Tewas Dalam Baku Tembak dengan Gangster Meksiko

CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 11:27 WIB
Aparat Tewas Dalam Baku Tembak dengan Gangster Meksiko Ilustrasi pasukan Meksiko. (REUTERS/Carlos Jasso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang anggota pasukan Garda Nasional Meksiko tewas dalam aksi baku tembak dengan gangster pada Sabtu (10/8) pekan lalu. Pasukan itu memang ditugaskan untuk menumpas kelompok kejahatan yang membuat susah masyarakat.

Dilansir Associated Press, Senin (12/8), insiden ini bermula ketika pasukan Garda Nasional tersebut berpatroli di kota Yuriria, Guanajuato, Meksiko. Menurut penuturan pemerintah setempat, patroli itu diserang ketika mereka memeriksa sebuah rumah yang dioperasikan oleh sekelompok gangster.
Sementara itu, Kementerian Pertahanan Meksiko melaporkan ada tiga tersangka dari kelompok gengster yang ikut tewas dalam sebuah perlawanan dengan aparat. Namun, pemerintah Kota Yuriria mengatakan ada lima tersangka yang tewas dalam baku tembak akhir pekan lalu, sedangkan tiga lainnya terluka dan tujuh anggota gangster telah ditahan.

Guanajuato memang kerap dilanda aksi kekerasan yang melibatkan sejumlah kelompok gangster. Mereka kerap mencuri bahan bakar dari pipa dan kilang minyak milik pemerintah.


Setelah pemerintah bersikap keras terhadap sindikat pencuri bahan bakar minyak, kelompok gengster itu tak lantas berhenti dan malah melakukan pemerasan terhadap warga di kota Celaya.

Akibatnya, sejumlah pelaku usaha di Celaya terpaksa menutup usaha mereka. Di sisi lain, aksi kekerasan juga terjadi di negara tetangga di Michoacan.
Sindikat narkoba di sana secara terang-terangan menggantung sembilan jasad warga di jembatan penyeberangan. Mereka bahkan dengan sengaja membuang 10 jasad lainnya di jalan raya pada Kamis (8/8) pekan lalu.

Melihat situasi yang semakin memburuk, pemerintah Michoacan akhirnya mengumumkan bahwa pihaknya telah mengirimkan 120 anggota kepolisian tambahan pada Sabtu pekan lalu, guna menjaga dan mengawal kota Uruapan, Michoacan di mana insiden pembunuhan terjadi.

Pemerintah juga sepakat untuk mendirikan pos-pos pemeriksaan di semua jalan menuju kota.

Pasukan Garda Nasional ini dibentuk oleh Presiden Andres Manuel Lopez Abrador pada Juni lalu. Mereka merupakan gabungan dari pasukan militer dan kepolisian Meksiko.

[Gambas:Video CNN]

Mereka juga akan menjadi pasukan garis terdepan Meksiko dalam memberantas maraknya kelompok gangster di negara itu. (ajw/ayp)