Bom Meledak di Irlandia Utara, Diduga Ulah Pemberontak IRA

CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 05:53 WIB
Bom Meledak di Irlandia Utara, Diduga Ulah Pemberontak IRA Ilustrasi Kepolisian Irlandia Utara, Inggris, berjaga di lokasi serangan bom. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah bom meledak di sebuah desa di kawasan perbatasan antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia pada Senin (19/8). Diduga hal ini adalah ulah kelompok pemberontak Tentara Republik Irlandia (New IRA dan Continuity IRA) yang memanfaatkan kemelut hengkang Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

"Kami meyakini ini adalah serangan untuk melukai atau bahkan membunuh polisi dan petugas unit anti teroris (ATO) di kawasan itu," kata perwakilan Kepolisian Irlandia Utara, Stephen Martin, seperti dilansir AFP.
Martin menyatakan mereka akan mulai menyelidiki kelompok generasi baru pemberontak itu. Menurut dia aksi kekerasan semakin sering terjadi beberapa bulan belakangan. Dia mendesak para politikus untuk turun tangan menjaga perdamaian.

"Penyebab terorisme ini adalah masalah sosial. Kita tidak boleh membiarkan perdamaian rusak," kata Martin.


Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar, mengecam ledakan bom itu. Menurut dia hal ini akan berdampak buruk.
"Kekerasan tidak akan pernah bisa digunakan untuk mencapai tujuan politik," kata Leo.

Irlandia Utara di masa lalu adalah provinsi di Inggris yang dikoyak konflik, teror dan kekerasan. Pemberontakan IRA melawan pemerintah Inggris, atau yang dikenal dengan masa "The Trouble', diperkirakan menelan korban jiwa hingga 3,500 orang. Baik dari kalangan militan, militer dan sipil.

Kedua belah pihak menyatakan berdamai melalui kesepakatan Jumat Baik (Good Friday) pada 1998. Kini sempalan IRA kembali bergeliat, memanfaatkan celah kisruh Brexit.
Penduduk Irlandia Utara dan Republik Irlandia khawatir Brexit akan mengganggu perekonomian mereka selama ini yang dipermudah dengan keleluasaan imigrasi. Arus pelintas batas yang bekerja di kedua wilayah itu diduga bisa berantakan jika Brexit dilakukan tanpa kesepakatan. (ayp/ayp)