Menlu Iran Secara Mengejutkan Sambangi KTT G7 di Perancis

CNN Indonesia
Senin, 26 Agu 2019 07:46 WIB
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif secara mengejutkan mendatangi KTT G7 di Biarritz, Perancis pada Minggu malam (25/8) waktu setempat. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. (Anadolu/Arif Hüdaverdi Yaman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif secara mengejutkan mendatangi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Biarritz, Perancis pada Minggu malam (25/8) waktu setempat.

Kedatangan Zarif ke pertemuan itu dianggap sebagai upaya memecahkan kebuntuan diplomatik atas permasalahan program nuklir Teheran.

Zarif datang atas kunjungan tuan rumah Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang berusaha meredakan tensi antara Iran dan Amerika Serikat.


Ketegangan antara Iran dan AS terus meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir pada Mei 2018 dan menjatuhkan sanksi embargo minyak.

Sementara Perancis menjadi salah satu pihak yang berupaya menyelamatkan kesepakatan nuklir dengan Iran tersebut.

Dikutip AFP, seorang diplomat Perancis mengatakan Zarif memang tidak direncanakan bertemu dengan Trump, namun kehadiran mereka di tempat itu diharapkan bisa melonggarkan tensi.

"Jalan di depan itu sulit. Tetapi patut dicoba," tulis Zarif lewat akun Twitter usai bertemu Macron dan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian serta pejabat Inggris dan Jerman.

Seorang pejabat Perancis mengatakan bahwa Macron telah berbicara dengan Trump mengenai kedatangan Zarif ini sehari sebelumnya.

Menurut Robert Malley, kepala International Crisis Group, Trump juga memberikan "beberapa tanggapan positif" terhadap rencana Macron tersebut.


"Mungkin Presiden Trump memberi tahu Presiden Macron secara pribadi bahwa dia terbuka untuk beberapa gagasan ini," katanya kepada AFP.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengungkapkan bahwa Trump sebelumnya juga mengatakan bahwa jika Iran "ingin duduk dan bernegosiasi, dia tidak akan menetapkan prasyarat." (dea/dea)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER