Kapal Pengangkut Penyelam Terbakar di AS, 8 Orang Tewas

CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 14:13 WIB
Sebuah kapal scuba diving dilaporkan terbakar di pulau selatan California, Amerika Serikat, hingga menewaskan delapan orang pada Selasa (3/9) dini hari. Ilustrasi kapal terbakar. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kapal scuba diving dilaporkan terbakar di pulau selatan California, Amerika Serikat, hingga menewaskan delapan orang pada Selasa (3/9) dini hari.

Otoritas setempat menuturkan lima orang berhasil selamat, sementara 26 orang lainnya yang juga berada dalam kapal pengangkut penyelam itu masih dinyatakan hilang.

Petugas penjaga pantai menuturkan sebuah kapal Konsepsi setinggi 23 meter terbakar ketika berada di pantai Pulau Santa Cruz sekitar pukul 03.15 waktu lokal.



Aparat menuturkan para penumpang kapal tengah tertidur di bagian bawah kapal ketika insiden terjadi. Sementara itu lima orang yang berhasil selamat merupakan awak kapal yang tengah berada di atas geladak saat kebakaran terjadi

Sherif daerah Santa Barbara, Bill Brown, melaporkan empat jenazah telah dievakuasi dari lokasi kejadian, sementara empat jasad lainnya ditemukan petugas di dasar laut dekat bangkai kapal yang tenggelam sekitar 18 meter dari permukaan air.

[Gambas:Video CNN]

Brown menuturkan tank scuba atau propana pada kapal kemungkinan meledak dalam kebakaran tersebut. Hingga kini, ia menuturkan belum jelas apakah ada ledakan awal yang terjadi hingga memicu kebakaran.

Petugas penjaga pantai menuturkan masih melakukan operasi pencarian untuk menemukan korban lainnya yang kemungkinan selamat.

Hingga kini, otoritas mengatakan belum menemukan korban lagi.


"Ini adalah peristiwa yang sangat tragis yang tidak kami inginkan terjadi ketika kami bangun di pagi hari untuk menikmati liburan Hari Buruh," kata Kapten Penjaga Pantai Monica Rochester dalam jumpa pers seperti dikutip Reuters.

"Kami akan melakukan pencarian sepanjang malam hingga pagi, tapi saya pikir kita semua harus siap untuk hasil terburuk," ujarnya menambahkan.

Kapal Conception sendiri pertama kali berlayar pada 1981 lalu. Kapal tersebut mengangkut 29 orang menuju Pulau Channel sekitar Sabtu pagi.


Kapal itu disewa oleh Worldwide Diving Adventures, sebuah perusahaan wisata Santa barbara, California. Melalui situsnya, kapal itu sedang dalam perjalanan selama tiga hari ke Pulau Channel dan dijadwalkan kembali ke Santa Barbara pada pukul 17.00 waktu lokal Senin pekan ini. (rds/dea)