Tokoh Malaysia Ucapkan Belasungkawa atas Kepergian Habibie

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 21:59 WIB
Tokoh Malaysia Ucapkan Belasungkawa atas Kepergian Habibie BJ Habibie (BARBARA WALTON / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia melalui perdana menterinya Mahathir Mohamad mengungkapkan duka cita mendalam atas kepergian Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie pada Rabu (11/9) petang.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya pemergiannya satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas Rohnya. Al Fatihah," kata Mahathir melalui Twitternya.



Selain Mahathir, politikus Malaysia seperti Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, juga menyampaikan ucapan duka cita serupa.

Dalam pernyataannya di Facebook, Anwar menganggap Habibie seperti keluarganya sendiri.

"BJ Habibie seorang individu yang saya anggap sebagai keluarga dan (beliau) sangat prihatin tentang derita yang saya lalui semasa saya selesai operasi, bebas dari penjara," kata Anwar.



Habibie mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada Rabu petang.

Habibie tutup usia pada pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun. Ia akan dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. 
Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, negara menyiapkan pemakaman yang akan dilakukan besok.

Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana Jokowi, langsung mendatangi RSPAD untuk melayat Habibie. Sebelum dimakamkan, jenazah Habibie dibawa ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan malam ini.


[Gambas:Video CNN]
(rds/eks)