Bendera Setengah Tiang bagi Habibie dari Kedutaan RI Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 01:07 WIB
Bendera Setengah Tiang bagi Habibie dari Kedutaan RI Dunia Menlu Retno Marsudi (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menginstruksikan seluruh kantor perwakilan RI di luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian Presiden ke-3 RI, BJ Habibie pada Rabu (11/9).

"Betul, Bu Menlu instruksikan hal tersebut," ucap pelaksana tugas juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com pada Rabu (11/9). 

Habibie menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada Rabu petang sekitar pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan intensif selama beberapa hari.


Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Bapak teknokrat Indonesia itu rencananya akan dimakamkan di pemakaman Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. Sebelum dimakamkan, jenazah Habibie telah dibawa ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan malam ini.

Usai melayat ke rumah duka, Retno mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga Habibie.

Kepada wartawan, Retno menuturkan bahwa dirinya telah meminta perwakilan RI di seluruh dunia untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Ia juga menuturkan seluruh perwakilan RI akan membuka buku duka cita bagi setiap orang yang ingin menyampaikan salam terakhirnya bagi Habibie selama tiga hari ke depan.

"Untuk perwakilan kita di luar negeri kita akan mengibarkan bendera setengah tiang, dan kita akan membuka buku duka cita untuk tiga hari kerja. Semua perwakilan RI di luar negeri," kata Retno kepada wartawan.

Retno menyampaikan Habibie merupakan bapak bangsa yang sangat cerdas dan selalu menebarkan energi positif kepada generasi muda.

"Hari ini kita bangsa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaik, kehilangan seorang negarawan, kehilangan seorang bapak bangsa dengan berpulangnya bapak Presiden RI ke-3, BJ Habibie," ucap Retno. (rds/eks)