KILAS INTERNASIONAL

WNI Ditangkap Terkait Terorisme Sampai Laporan KNKT Bocor

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 07:05 WIB
WNI Ditangkap Terkait Terorisme Sampai Laporan KNKT Bocor Serpihan pesawat Boeing 737 MAX 8 maskapai Lion Air bernomor penerbangan JT610 yang jatuh di Laut Jawa. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (23/9) kemarin. Mulai dari Singapura tahan tiga WNI terkait terorisme sampai laporan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) soal kecelakaan Lion Air JT610 bocor. Semua dirangkum CNNIndonesia.com dalam kilas internasional.


1. Singapura Dilaporkan Tahan Tiga WNI Diduga Terlibat Terorisme

Singapura dilaporkan menahan tiga warga negara Indonesia yang diduga terlibat dalam aktivitas pendanaan terorisme.


Kementerian Dalam Negeri Singapura (MHA) melaporkan ketiga perempuan itu bernama Anindia Afiyanti berusia 33 tahun, Retno Hernayani berusia 36 tahun, dan Turmini berusia 31 tahun, seperti dikutip dari Channel NewsAsia.

Ketiganya bekerja sebagai asisten rumah tangga di Singapura antara enam sampai 13 tahun. Kepolisian Singapura mengeluarkan surat penahanan terhadap ketiga perempuan itu pada awal bulan ini.

[Gambas:Video CNN]

MHA menyebut seorang TKI lainnya juga sempat ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan. Namun, pihak berwenang tidak menemukan bukti perempuan tersebut ikut terlibat aktivitas terorisme sehingga memulangkannya ke Indonesia.

Anindia dan Retno disebut ingin bertolak ke Suriah dan bergabung dengan ISIS. Mereka bahkan menyatakan ingin menjadi pelaku bom bunuh diri.

Sementara itu, Retno terinspirasi ingin hidup di bawah kekhalifahan ISIS dan berpartisipasi dalam perang di sana.


2. AS Sempat Tak Beri Visa, Presiden Iran Tetap ke Sidang PBB

Hassan Rouhani tetap bertolak ke New York untuk menghadiri sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Padahal, Amerika Serikat menolak memberikan visa untuk Rouhani.

"Ketika Amerika tak mau [mengizinkan Iran berpartisipasi], kita harus memaksa pergi. Sangat penting bagi kami untuk ikut serta dalam sidang Majelis Umum PBB dan berbicara di berbagai tingkatan," ujar Rouhani seperti dikutip AFP.

[Gambas:Video CNN]

Melanjutkan pernyataannya, Rouhani berkata, "Tindakan jahat terhadap Iran dan isu sulit dan rumit di kawasan dengan mereka harus dijelaskan kepada rakyat dan negara-negara dunia."


3. RI Duga Cacat Desain Boeing 737 MAX 8 Penyebab Lion Air Jatuh

Pihak berwenang Indonesia menyebut kesalahan desain pesawat menjadi salah satu penyebab jatuhnya Lion Air JT610 Boeing 737 MAX 8 di Laut Jawa pada Oktober 2018 lalu. Temuan itu dimuat dalam laporan surat kabar The Wall Street Journal, Minggu (22/9).

Pengawasan pesawat disebut turut berkontribusi pada kecelakaan yang menewaskan 189 penumpang serta awak, selain kesalahan pilot dan juga masalah pemeliharaan. Dalam laporan tersebut, penyelidik Indonesia mendaftarkan sekitar 100 faktor penyebab kecelakaan.

[Gambas:Video CNN]

Dikutip dari AFP, meski laporan telah diserahkan ke badan penerbangan sipil Amerika Serikat (FAA) dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB), penyelidik Indonesia masih dapat mengubah hasil temuan itu.

Para pejabat AS dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada akhir September untuk membahas laporan tersebut, dan akan dirilis secara resmi pada awal November. (ayp/ayp)