Selebgram Iran Disangka Menista Agama Usai Bedah Plastik

CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 13:59 WIB
Selebgram Iran Disangka Menista Agama Usai Bedah Plastik Ilustrasi bedah plastik. (Istockphoto/lyosha_nazarenko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Iran dilaporkan menahan seorang selebriti Instagram (selebgram) bernama Sahar Tabar usai menjalani operasi plastik pada wajahnya. Rezim setempat menuding perbuatannya tergolong sebagai tindak pidana penistaan agama.

Bintang media sosial itu ditahan atas perintah Pengadilan Pedoman Teheran. Kantor berita Tasnim menuturkan pengadilan tersebut memang berwenang mengadili kejahatan budaya, korupsi sosial dan moral.


Media tersebut menuturkan Tabar dijerat sejumlah dakwaan termasuk penistaan agama, menghasut kekerasan, hingga berusaha mendapatkan penghasilan melalui cara yang tidak pantas karena mendorong kaum muda untuk korupsi.


Dilansir AFP, Senin (7/10), sosok Tabar mulai tenar di Instagram pada 2018 lalu setelah mengunggah serangkaian foto wajahnya usai menjalani bedah plastik.

Wajahnya kini serupa dengan aktris Hollywood, Angelina Jolie. Ia juga kerap mengunggah serangkaian foto dan video yang telah diedit sedemikian rupa kepada 26.800 pengikut di akun Instagramnya.

[Gambas:Video CNN]

Akun Instagram Tahar memuat foto selfie serupa yakni gambar wajahnya yang tirus dengan pose bibir cemberut dan hidung yang mancung tajam.

Dalam beberapa momen, Tahar terlihat memakai hijab yang longgar. Ia juga mengunggah foto-foto dirinya baru menjalani operasi, di mana hidungnya terpaksa ditutup dengan perban.

Terlepas dari citranya sebagai negara Islam, operasi plastik cukup marak di Iran. Puluhan ribu orang dilaporkan menjalani berbagai operasi plastik di negara Timur Tengah itu setiap tahun.


Sementara itu, Instagram merupakan satu-satunya platform media sosial yang diizinkan beroperasi di Iran. Beberapa jenis platform media sosial arus utama seperti Facebook, Twitter, hingga pesan instan Telegram diblokir pemerintahan Presiden Hassan Rouhani tersebut. (rds/ayp)