Belasan Polisi Meksiko Tewas Dibantai Anggota Geng

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 06:45 WIB
Belasan Polisi Meksiko Tewas Dibantai Anggota Geng Ilustrasi pembunuhan. (Istockphoto/Sestovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok anggota geng menyergap rombongan polisi yang sedang menuju sebuah rumah di Negara Bagian Michoacan, Meksiko. Alhasil, 13 polisi tewas karena diberondong tembakan dalam kejadian itu.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (15/10), dilaporkan sembilan orang turut terluka dalam kejadian itu. Saat itu mereka sedang membawa surat perintah dari pengadilan.


Diduga serangan itu dilakukan oleh anggota kartel narkoba Jalisco New Generation. Mereka disebut sebagai salah satu organisasi kejahatan yang terkuat saat ini di Meksiko.


"Seluruh serangan terhadap polisi akan diganjar hukuman, dan serangan ini adalah sikap pengecut dengan menyergap di jalanan seperti ini," kata Gubernur Michoacan, Silvano Aureoles.

Michoacan adalah salah satu daerah yang menjadi saksi perang narkoba pada 2006 sampai 2012.

[Gambas:Video CNN]

Warga setempat sempat membentuk kelompok pertahanan sipil untuk melawan anggota kartel Knights Templar. Namun, akhirnya mereka malah disusupi geng dan saling bersaing.

Selain sebagai kawasan penghasil alpukat, Michoacan juga dikenal dengan perkebunan ganja dan penghasil sabu (methamphetamine). (ayp/ayp)