KILAS INTERNASIONAL

Bos ISIS Tewas hingga Warga Venezuela Beli BBM Pakai Rokok

CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 08:20 WIB
Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas hingga warga di Venezuela bisa beli BBM pakai rokok, meramaikan berita internasional pada Minggu (27/10). Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. (AP Photo/Militant video)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas dalam serangan militer Amerika Serikat di Suriah hingga pemilik kendaraan di Venezuela bisa membeli BBM menggunakan sebatang rokok, meramaikan berita internasional pada Minggu (27/10).

1. Pemimpin ISIS Diduga Tewas dalam Serangan AS di Suriah

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi diduga tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Amerika Serikat di barat laut Suriah, Sabtu (26/10).


Seorang pejabat senior pertahanan AS menduga Baghdadi meledakkan diri menggunakan rompi yang sudah dipasangi bom saat serangan berlangsung. Dikutip CNN, untuk memastikan identitas Baghdadi, saat ini tengah dilakukan tes DNA dan biometrik.



2. Uskup-uskup Katolik Restui Pria Menikah jadi Imam di Amazon

Mayoritas uskup Katolik merestui pria menikah menjadi imam di gereja-gereja di sebagian kawasan Amazon. Restu itu tertuang dalam pemungutan suara yang dilakukan di Vatikan, Sabtu (26/10).


Pemungutan suara tersebut menghasilkan persetujuan dari 128 uskup. Hanya 41 uskup yang menolak proposal.

Ini merupakan tonggak sejarah bagi Gereja Katolik yang selama berabad-abad lamanya menjaga tradisi imam dilakukan oleh pria-pria yang tidak pernah menikah.

3. Uang Venezuela Sulit Ditemukan, Warga Beli BBM dengan Rokok

Pemilik kendaraan di Venezuela kini bisa membeli bahan bakar minyak (BBM) menggunakan sebatang rokok. Tak hanya itu, pengendara juga bisa menukar makanan dan permen ketika membayar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

[Gambas:Video CNN]

Mengutip AP News, sistem barter ini terjadi di tengah memburuknya ekonomi di Venezuela. Hiperinflasi yang melanda salah satu negara terbesar penghasil minyak bumi ini membuat mata uang Venezuela sulit ditemukan dan beberapa denominasi tak berharga. (dea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK