Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi Ditunjuk Pimpin ISIS

CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 23:50 WIB
Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi Ditunjuk Pimpin ISIS Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Jakarta, CNN Indonesia -- ISIS akhirnya memastikan kematian pemimpin mereka Abu Bakar al-Baghdadi. Konfirmasi mereka sampaikan melalui sebuah pernyataan audio yang dibacakan Juru Bicara ISIS Abu Hamza al-Quraishi.

"Kami berduka untuk Anda (al-Baghdadi), komandan umat beriman," katanya seperti dikutip dari AFP, Kamis (31/10)

Selain pengakuan tersebut, ISIS melalui pernyataan al-Quraishi juga menyatakan organisasinya telah menunjuk Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi menjadi pemimpin baru menggantikan al-Baghdadi.


Baghdadi, yang memimpin IS sejak 2014 dan merupakan orang yang paling dicari di dunia, tewas dalam serangan pasukan khusus AS di provinsi barat laut Suriah, Idlib, Minggu lalu.

Kabar kematian tersebut langsung disampaikan oleh Presiden AS Donald Trump. Dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih Trump mengatakan al-Baghdadi meninggal setelah berlari ke jalan buntu.

"Ia merintih dan menangis dan menjerit sepanjang jalan," kata Trump dengan menambahkan bahwa Baghdadi "mati seperti anjing"

Usai kematian tersebut al-Muhajir mengatakan badan legislatif dan konsultatif kelompok jihad bersidang.

"Dewan syura Negara Islam bersidang segera setelah mengkonfirmasikan syahidnya Syekh Abu Bakar al-Baghdadi, dan para sesepuh pejuang suci setuju menunjuk penggantinya," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Dalam pesan audio baru, juru bicara IS menggambarkan Trump sebagai "orang tua gila". Ia memperingatkan AS, para pendukungnya akan membalas kematian Baghdadi.

"Jangan bersukacita Amerika, pemimpin yang baru terpilih akan membuat Anda melupakan kengerian yang telah Anda rasakan ... dan membuat prestasi hari-hari Baghdadi terasa manis," katanya.





(AFP/agt)