Kilas Internasional

India Bangun Kuil di Tanah Masjid hingga 'Marlboro Man' Wafat

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 06:35 WIB
India Bangun Kuil di Tanah Masjid hingga 'Marlboro Man' Wafat Ilustrasi. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia Minggu (10/11). Mulai dari Mahkamah Agung India mengabulkan pembangunan kuil di tanah bekas masjid hingga bintang iklan rokok yang tak merokok meninggal dunia. Semua dirangkum CNNIndonesia.com dalam kilas internasional.

1. India Kabulkan Pembangunan Kuil di Tanah Bekas Masjid

Mahkamah Agung India memberikan kemenangan untuk umat Hindu atas sengketa sebuah situs suci di utara Kota Ayodhya. Dengan kemenangan ini, umat Hindu dapat membangun sebuah kuil di tanah bekas gusuran masjid kuno tersebut.


Keputusan tersebut disambut suka cita oleh umat Hindu di Ayodhya. Mereka percaya bahwa situs tersebut merupakan tempat kelahiran Rama.


"Sebuah kuil agung akan menjadi anugerah bagi setiap orang di Ayodhya," ujar salah seorang warga, Shubham Maheswar, melansir AFP.

2. Topan Bulbul Landa India dan Bangladesh, Enam Orang Tewas

Setidaknya enam orang tewas saat Topan Bulbul melanda India dan Bangladesh pada Sabtu (9/11) sore. Sementara lebih dari dua juta warga lainnya terpaksa diungsikan ke sejumlah tempat yang telah disediakan.

[Gambas:Video CNN]

Dua di antaranya merupakan warga India. Satu orang korban tewas setelah terhantam pohon yang tumbang di Kalikota. Satu lainnya tewas akibat tertimpa reruntuhan bangunan di negara bagian Odisha.

Sementara empat lainnya merupakan warga Bangladesh yang tewas akibat terhantam pohon-pohon yang ambruk.

3. Bintang Iklan Rokok yang Tak Merokok Meninggal Dunia

Robert C. Norris, seorang pria yang terkenal karena perannya dalam iklan televisi untuk merek rokok asal Amerika Serikat dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun. Kematian Norris diumumkan di situs web Tee Cross Ranches pada Selasa (5/11).


Dikabarkan bahwa Ia mengembuskan napas terakhir pada Minggu (3/11) saat dalam perawatan di rumah sakit Pikes Peak Hospice di Colorado Springs, Colorado.

Mengutip CNN, Minggu (10/11), pria yang dikenal sebagai "Marlboro Man", namun dalam kehidupan nyatanya disebut tidak pernah merokok semasa hidupnya. Ini bertolak belakang dengan aksinya sebagai bintang iklan Marlboro selama lebih dari 1 dekade. (dea)