Kilas Internasional

Kaisar Jepang Bermalam dengan Dewi hingga Hong Kong 'Lumpuh'

CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 06:26 WIB
Kaisar Jepang Bermalam dengan Dewi hingga Hong Kong 'Lumpuh' Kenaikan takhta Kaisar Naruhito. (STR / Japan Pool / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kaisar Jepang Naruhito habiskan malam bersama Dewi Matahari hingga Pemerintah Hong Kong meliburkan semua sekolah dan kampus meramaikan berita internasional, Kamis (14/11).

1. Kaisar Naruhito Akan Habiskan Malam Bersama Dewi Matahari

Kaisar Naruhito pada Kamis ini (14/11) menuntaskan ritual upacara penobatan. Dia akan memasuki sebuah ruangan kayu untuk menghabiskan malam bersama Amaterasu atau Dewi Matahari.


Ritual yang telah berlangsung di Jepang sejak 1.300 tahun lalu itu merupakan wujud terima kasih.


Dikutip dari AFP, Kamis malam kaisar mengenakan jubah sutra putih diantar masuk ke ruang kayu yang dibangun khusus di istana kekaisaran atau dikenal sebagai Daijoky.

2. Satu Keluarga Tewas Diserang Militer Israel di Jalur Gaza

Satu keluarga tewas terbunuh dalam serangan udara yang diluncurkan militer Israel di Jalur Gaza.


Kementerian Kesehatan Palestina dikutip dari AFP, Kamis (14/11), mengatakan satu keluarga yang terbunuh itu terdiri dari enam orang. Sehari sebelumnya enam warga Palestina dilaporkan tewas akibat serangan roket Israel di Gaza.

3. Hong Kong Liburkan Semua Sekolah dan Kampus

Pemerintah Hong Kong menginstruksikan semua sekolah dan kampus diliburkan sementara mulai Kamis (14/11) hingga sepekan ke depan.

Pengumuman tersebut disampaikan merespons situasi demonstrasi yang belakangan semakin memanas terkait bentrokan antara demonstran dan kepolisian.

[Gambas:Video CNN]

Demo yang berujung ricuh juga membuat layanan transportasi umum di jalan arteri utama hingga lintas pelabuhan terputus. Operasional bus dan kereta bawah tanah pun terpaksa dihentikan. Akibatnya, 7,5 juta orang mengeluhkan kesulitan menjangkau tempat kerja. (dea)