KILAS INTERNASIONAL

Singapura 'Surga' Buronan RI hingga Israel Tembak 4 Rudal

CNN, CNN Indonesia | Kamis, 16/01/2020 07:07 WIB
Singapura 'Surga' Buronan RI hingga Israel Tembak 4 Rudal Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa yang dirangkum dalam kilas internasional terjadi pada Rabu (15/1). Mulai dari polemik ekstradisi dan 'surga' buronan asal Indonesia di Singapura hingga Israel yang menembakkan empat rudal ke bandara militer Suriah.

Singapura, Polemik Ekstradisi dan 'Surga' Burnonan RI

Selain menarik sebagai negara surga berlibur dan belanja, Sngapura juga menjadi tempat favorit bagi buronan asal Indonesia.


Sjamsul Nursalim, tersangka kasus korupsi BLBI Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI), Samadikun Hartono, tersangka korupsi BLBI Bank Modern, Sujiono Timan tersangka korupsi BPUI, hingga tersangka korupsi Csssie Bank Bali, Djoko S Tjandra, hanya segelintir dari puluhan buronan Indonesia yang menjadikan Singapura tempat persembunyian.

Baru-baru ini, Singapura juga menjadi destinasi pelarian politikus PDI Perjuangan Harun Masikun. Harun dilaporkan sudah berada di Singapura saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkannya sebagai tersangka atas dugaan suap penetapan anggota DPR terpilih periode 2019-2024.

Salah satu alasan Singapura menjadi tempat favorit buronan adalah karena negara kota di Asia Tenggara itu tak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Indonesia. Hal itu menjadikan Indonesia tidak bisa meminta Singapura menyerahkan orang-orang yang tersangkut perkara hukum di dalam negeri dan kabur ke negara tersebut.

Salju Selimuti Sejumlah Area di Arab Saudi

Warga Tabuk, Arab Saudi bagian utara mengalami fenomena tak biasa saat gurun pasir dipenuhi salju. Suhu panas berubah menjadi dingin hingga cenderung membuat tangan dingin dan gigi bergemerutuk.

Bukan hanya kawasan utara, pada Jumat (10/1) pekan lalu area barat laut Arab Saudi termasuk Pegunungan Dahr juga diselimuti salju.

Pengguna media sosial membagikan video saat salju turun di area Tabuk dan Pegunungan Dahr.

Dilaporkan Arab News, suhu di Pegunungan Dahr dan beberapa daerah lain sempat mencapai minus 0 derajat Celcius.

Selain kawasan utara, area timur dilaporkan juga dilanda perubahan cuaca ekstrem yang ditandai hujan deras. Beberapa area di Abu Dhabi, Dubai, dan Sharjah bahkan dilaporkan mengalami banjir.

[Gambas:Video CNN]

Dua Penyiar TV Pemerintah Iran Mundur, Akui Bohong 13 Tahun

Dua presenter TV pemerintah Iran, Islamic Republic of Iran Broadcasting (IRIB) mengundurkan diri dari pekerjaan setelah insiden rudal menghantam pesawat sipil Ukraina hingga menewaskan 176 penumpang dan awak kabin.

Salah satu dari presenter itu mengaku telah menyampaikan kebohongan selama 13 tahun. Mereka mengungkapkan pengunduran itu lewat unggahan di akun media sosial.

"Sangat sulit bagi saya untuk percaya bahwa orang-orang kita telah terbunuh. Maafkan saya karena telat mengetahui ini. Dan maafkan saya selama 13 tahun telah berbohong," kata Gelare Jabbari di Instagram seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (15/1).

Hal serupa disampaikan penyiar Zahra Khatami. Dia mengaku akan berhenti bekerja di IRIB. "Terima kasih telah menerima saya sebagai penyiar hingga hari ini. Saya tidak akan pernah kembali ke TV. Maafkan saya.

Israel Tembak Empat Rudal ke Bandara Militer Suriah

Serangan rudal Israel dilaporkan menghantam wilayah utara Damaskus, ibu kota Suriah hingga merusak bandara militer, Rabu (15/1).

Kantor berita Suriah, SANA, menuturkan serangan rudal Israel itu menargetkan bandara T4. Damaskus menuturkan sistem pertahanan udara segera diaktifkan dan berhasil menembak jatuh beberapa rudal Israel.

"Tapi empat rudal menghantam zona target dan menyebabkan beberapa kerusakan, tetapi tidak ada korban manusia akibat insiden itu," bunyi laporan SANA

Mengutip sumber militer, SANA menyebut serangan itu terjadi di Provinsi Homs dan berlangsung sekitar pukul 22.00 waktu lokal. (evn/evn)