Vatikan Kirim Bantuan Masker Terkait Virus Corona ke China

CNN Indonesia | Rabu, 05/02/2020 10:59 WIB
Vatikan mengirim ratusan ribu masker ke China untuk mencegah warga terjangkit virus corona. Vatikan mengirim ratusan ribu masker ke China untuk mencegah warga terjangkit virus corona. (Ilustrasi/CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vatikan dilaporkan mengirim ratusan ribu masker untuk membantu pemerintah China. Sebab, China menyatakan saat ini membutuhkan masker untuk mencegah warganya terjangkit wabah virus corona.

"Bantuan masker ini kami kirimkan untuk membantu penyebaran virus corona," kata Juru Bicara Vatikan, Matteo Bruni, dalam pernyataan seperti dilansir CNN, Selasa (4/2).
Mereka menyatakan pengiriman bantuan itu digagas Biro Bantuan Kantor Kepausan, Pusat Misionaris China di Italia, dan Pusat Obat-obatan Vatikan.

Masker itu dikirimkan ke tiga provinsi yang sangat terdampak virus corona di China. Yaitu Hubei, Zhejiang dan Fujian.


Pemerintah China menyatakan mereka sangat membutuhkan peralatan medis dan masker untuk menghadapi penyebaran wabah virus corona. Saat ini masker sangat sulit didapatkan karena produksi terhambat lantaran sebagian besar buruh pabrik sedang libur Imlek.

Akan tetapi, kapasitas produksi pabrik yang biasanya mencapai 20 juta masker per hari kini hanya menghasilkan sekitar 60 sampai 70 persen. Menurut juru bicara Kementerian Perindustrian China, Tian Yulong, hal itu adalah imbas dari masa liburan Imlek.

"Yang China butuhkan saat ini adalah masker medis, pakaian pelindung dan kacamata pengaman," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

[Gambas:Video CNN]

Sampai ke Belgia

Pemerintah Belgia menyatakan salah satu warga mereka terjangkit virus corona. Penduduk tersebut adalah salah satu orang yang dipulangkan dari China karena wabah virus corona.

Kementerian Kesehatan Belgia menyatakan seorang penduduk itu saat ini dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi virus tersebut. Dia adalah salah satu dari sembilan warga Belgia yang dipulangkan dari Kota Wuhan, China.
Vatikan Kirim Bantuan Masker Terkait Virus Corona ke China (CNN Indonesia/Fajrian)
Orang tersebut saat ini dirawat di rumah sakit. Sedangkan delapan orang lainnya masih dalam pengawasan.

Sampai saat ini dilaporkan 426 orang meninggal akibat virus corona. Sedangkan yang terjangkit tercatat mencapai 20,620 orang. (ayp/ayp)