Corona, Izin WN China 'Overstay' di Indonesia Diperpanjang

CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 22:11 WIB
Corona, Izin WN China 'Overstay' di Indonesia Diperpanjang Ilustrasi. (Foto: SONNY TUMBELAKA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah menyatakan bakal memberikan fasilitas perpanjangan visa bagi warga negara maupun tenaga kerja asal China yang melampaui batas waktu tinggal di Indonesia usai merebaknya Virus Corona.

Fasilitas perpanjangan ini diberikan hingga satu bulan.

"Terkait tenaga kerja atau turis dari China yang ke Indonesia, bagi mereka yang belum sempat pulang, pemerintah akan fasilitasi perpanjangan visa overstay sampai satu bulan," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).



Airlangga tak memperinci lebih lanjut mekanisme perpanjangan visa tersebut. Namun ia memastikan pemerintah akan memfasilitasi warga China di Indonesia yang tak bisa kembali.

"Itu yang akan difasilitasi, overstay sampai sebulan akan difasilitasi," katanya.

Tarif Khusus

Sementara di sektor pariwisata, Airlangga menyatakan akan menerapkan tarif khusus untuk penerbangan ke destinasi-destinasi wisata seperti Bali, Kepulauan Riau, Batam, hingga Manado. Namun ia juga tak menjelaskan lebih jauh terkait rencana penerapan tarif khusus tersebut.

"Terkait penurunan tourism akibat Corona, pemerintah akan dorong penerbangan ke destinasi wisata diperhitungkan untuk diberi tarif khusus," tuturnya.

Pemerintah juga akan mendorong pelaksanaan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibiton) dari berbagai kementerian agar dapat digelar di daerah wisata. Dengan upaya tersebut, Airlangga meyakini jumlah wisatawan domestik yang datang dapat menutup kerugian dari penurunan jumlah wisatawan China.


"Kita juga dorong MICE dalam negeri digelar di daerah wisata agar domestic tourism meningkat," ucapnya.

Pemerintah sebelumnya telah memutuskan secara resmi untuk menghentikan sementara kebijakan bebas visa kunjungan dan visa on arrival bagi seluruh warga negara China usai merebaknya Virus Corona.

Pemerintah juga melarang pemegang paspor China masuk dan transit ke kawasan Indonesia. Larangan tersebut juga berlaku untuk warga negara asing yang melakukan perjalanan ke Negeri Tirai Bambu dalam 14 hari terakhir.

[Gambas:Video CNN] (pris/asa)