Ibu Negara Diduga Bunuh Mantan Istri Suami

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 03:22 WIB
Ibu Negara Diduga Bunuh Mantan Istri Suami Ilustrasi penangkapan. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ibu negara Lesotho Maesaiah Thabane didakwa atas kasus pembunuhan istri terdahulu suaminya Perdana Menteri Thomas Thabane. Dia diduga terlibat dalam pembunuhan brutal Lipolelo Thabane (58) yang terjadi pada 2017.

Wakil Kepala Kepolisian Lesotho Komisaris Paseka Mokete mengatakan penyidikan telah rampung, dan kini kasusnya diserahkan ke pengadilan.

"Dia diduga terlibat pembunuhan bersama delapan orang lainnya yang berada di Lesotho dan Afrika Selatan," kata Paseka Mokete seperti dikutip dari AFP, Senin (10/2).



Wanita 42 tahun itu menyerahkan diri ke polisi pada hari Selasa setelah keluar dari tempat persembunyian.

Bulan lalu dia menghilang dan tidak memenuhi panggilan pemeriksaan dari polisi. Kini Maesaiah harus mendekam di jeruji besi.

[Gambas:Video CNN]

Lipolelo Thabane ditembak mati di luar rumahnya di ibu kota Lesotho, Maseru pada Juni 2017, tepat dua hari sebelum suaminya dilantik. Insiden itu terjadi ketika Lipolelo dan Thomas sedang dalam proses perceraian

Bukti baru terungkap ke publik pada Januari lalu, yakni rekaman komunikasi dari ponsel Thomas di hari kejadian. Dia juga telah diinterogasi oleh polisi atas pembunuhan itu.


Thomas Thabane yang kini berusia 80 tahun diduga tertekan atas kasus pembunuhan yang melibatkan istri barunya itu. Dia bahkan berniat mengundurkan diri dari kursi perdana menteri.

Pembunuhan Lipolelo Thabane telah memicu gejolak di negara kecil yang dikelilingi oleh Afrika Selatan. Anggota senior partai berkuasa menuduh perdana menteri menghambat penyelidikan atas pembunuhan itu.


Atase pers perdana menteri tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan pembunuhan tersebut. (dea)