KILAS INTERNASIONAL

Masalah Pembayaran Jet Su-35 sampai Xi Jinping Telepon Jokowi

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 07:44 WIB
Masalah Pembayaran Jet Su-35 sampai Xi Jinping Telepon Jokowi Masalah pembayaran jet tempur Sukhoi Su-35 sampai Presiden China Xi Jinping telepon Presiden Joko Widodo soal virus corona. (AFP PHOTO / JOHANNES EISELE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (12/2) kemarin. Mulai dari masalah pembayaran jet tempur Sukhoi Su-35 sampai Presiden China Xi Jinping telepon Presiden Joko Widodo soal virus corona. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Rusia Ungkap Pembayaran Jadi Hambatan RI Beli Jet Su-35

Rusia mengatakan masalah finansial menjadi salah satu hal teknis yang menghambat proses pembelian 11 Sukhoi Su-35 oleh Indonesia.


"Tentunya, itu menjadi salah satu masalah teknis yang ada tapi semuanya bisa diselesaikan," ucap Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (12/2).

Meski begitu, Vorobieva optimistis kontrak pembelian pesawat militer senilai Rp16,75 triliun itu akan tetap berlanjut.

[Gambas:Video CNN]


2. Awak Kapal Pesiar Jepang Khawatir Terinfeksi Virus Corona

Awak kapal pesiar Diamond Princess mengaku khawatir terinfeksi virus corona lantaran mereka tidak turut dikarantina.

Alih-alih mendapat karantina, sekitar 1.000 awak ini justru tetap bekerja melayani para penumpang kapal pesiar yang tengah berada di Yokohama, Jepang. Padahal, hingga Rabu (12/2) dilaporkan 175 penumpang dinyatakan positif terinfeksi virus yang dikenal dengan nama Covid-19 tersebut.

Para awak mengaku sangat khawatir mereka berpotensi tinggi terinfeksi virus corona karena tetap harus berinteraksi dengan para penumpang, termasuk mereka yang dinyatakan positif mengidap pneumonia Wuhan.

[Gambas:Video CNN]


3. Presiden China Telepon Jokowi, Yakinkan Bisa Atasi Corona

Presiden China Xi Jinping dilaporkan menelepon Presiden Jokowi pada Selasa malam (11/2) untuk meyakinkan akan kemenangan dalam perang melawan virus corona yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Xi juga menyampaikan apresiasi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh Indonesia.

Dikutip dari Xinhua, Xi mengatakan sebagai negara berkembang, China dan Indonesia, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab demi kemajuan.

[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)