Penembakan di Bar Shisha di Jerman, Polisi Buru Pelaku

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 09:33 WIB
Penembakan di Bar Shisha di Jerman, Polisi Buru Pelaku Ilustrasi penembakan. (Istockphoto/IndiaUniform)
Jakarta, CNN Indonesia -- Delapan orang tewas dalam penembakan di dua bar shisha di Hanau, Kota Frankfurt, Jerman, Rabu (19/2) malam.

Dikutip dari AFP, serangan pertama terjadi di bar Midnight di pusat kota sekitar pukul 22.00. Di tempat itu, saksi mata melaporkan mendengar rentetan tembakan.

Pelaku kemudian melarikan diri dari lokasi dengan mobil. Pelaku kembali melanjutkan aksi di Arena Bar dengan melepaskan sejumlah tembakan.


Menurut laporan media setempat, tiga orang tewas di depan bar pertama dan lima di depan bar kedua. Sementara lima lainnya terluka parah.


Seorang wartawan AFP di lokasi kejadian melihat sekitar tiga puluh mobil polisi dikerahkan untuk memburu pelaku. Petugas dengan senapan mesin dikerahkan di kota itu.

[Gambas:Video CNN]

"Pencarian tersangka dilakukan secepat mungkin. Belum ada informasi yang jelas mengenai motif," kata pihak berwenang.

Sebuah sedan Mercedes dengan kaca belakang pecah tampak berada di depan Arena Bar.

Jerman telah menjadi sasaran serangan kelompok ekstremis dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya menewaskan 12 orang di jantung Berlin pada Desember 2016.


Namun serangan sayap kanan juga menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Jerman.

Pada Oktober lalu, sinagog Yahudi di Kota Halle, ditembaki orang hingga menyebabkan dua orang tewas.

Dalam salinan video yang diperoleh AFP, video tersebut menunjukkan pria bersenjata merekam dirinya mencaci-maki perempuan dan umat Yahudi sebelum melontarkan serangkaian tembakan ke sebuah sinagoge dan restoran Turki di sebelahnya.


Jumat pekan lalu, polisi Jerman menangkap 12 anggota kelompok ekstrem kanan yang berencana meluncurkan serangan teror besar terhadap masjid-masjid di negara Eropa Barat tersebut. (dea)