80 Jemaat Positif, Gereja Korsel Jadi Pusat Penyebaran Corona

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 11:12 WIB
80 Jemaat Positif, Gereja Korsel Jadi Pusat Penyebaran Corona Virus corona di China (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah gereja di Korea Selatan disebut menjadi sumber penyebaran virus corona. Dari 52 kasus baru yang dilaporkan hari ini, Jumat (21/2), 39 di antaranya tertular dari gereja di wilayah selatan kota Daegu itu.

Dikutip dari AFP, lebih dari 80 jemaat Gereja Yesus Shincheonji telah terinfeksi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) menduga virus itu ditularkan oleh seorang jemaat berusia 61 tahun.

Wanita itu mengalami demam pada 10 Februari, namun dilaporkan menolak untuk dites virus corona.



Dia dicurigai lantaran baru saja bepergian ke luar negeri. Dia dilaporkan tetap menghadiri setidaknya empat kebaktian di gereja dengan 144 ribu jemaat itu sebelum didiagnosis.

Pemerintah Kota Daegu meyakini 1.001 jemaat Shincheonji menghadiri kebaktian bersama wanita itu di saat dia telah terinfeksi dan diminta untuk mengasingkan diri.

Selain di gereja itu, KCDC mencatat kasus baru di sebuah rumah sakit di daerah Cheongdo, tak jauh dari Daegu.

[Gambas:Video CNN]

Di RS itu total ada 16 pasien terinfeksi, termasuk seorang pasien lama yang meninggal Rabu kemarin setelah menunjukkan gejala pneumonia.

Saat ini pihak berwenang sedang menyelidiki apakah wanita itu juga menularkan orang-orang di rumah sakit Cheongdo, sebab dia sempat berkunjung ke sana awal bulan ini.

Daegu merupakan kota terbesar keempat di Korea Selatan, dengan populasi lebih dari 2,5 juta penduduk. Wali Kota telah meminta warga untuk tidak bepergian. Warga juga diminta mengenakan masker saat melakukan kegiatan sehari-hari.


Tidak hanya itu, akses warga menuju ke pangkalan militer Amerika Serikat di daerah tersebut juga dibatasi.

Hingga Jumat pagi, korban meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia mencapai 2.244 orang. Sebagian besar korban merupakan warga China, khususnya Wuhan, Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Sekitar 75 ribu orang terinfeksi virus corona di China, dan ratusan lainnya di lebih dari 25 negara.


Di Korea Selatan, orang yang terinfeksi virus corona melonjak mencapai 156. Jumlah itu menjadikan Korsel sebagai salah satu negara dengan jumlah korban terbanyak selain China. (dea)