Kilas Internasional

RI Kena Larangan Umrah hingga WNI di Taiwan Positif Corona

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 06:43 WIB
RI Kena Larangan Umrah hingga WNI di Taiwan Positif Corona Ilustrasi jemaah umrah. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Kamis (27/2). Mulai dari Indonesia kena larangan umrah yang dikeluarkan Arab Saudi hingga satu WNI di Taiwan positif virus corona.

1. Saudi Hentikan Visa, WNI Tak Bisa Umrah Sementara Waktu

Kedutaan Besar RI di Riyadh mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang kena imbas larangan umrah sementara yang dikeluarkan Arab Saudi hari ini, Kamis (27/2).

Penangguhan visa umrah itu dikeluarkan Saudi di tengah penyebaran virus corona yang terus melonjak terutama di kawasan Timur Tengah.



"Ya, betul (WNI juga tidak bisa melaksanakan umrah sementara)," ucap  Duta Besar Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Agus menuturkan saat ini pemerintah Indonesia tengah berdialog dengan Saudi untuk meminta kejelasan nasib WNI yang sedang dan tengah memiliki rencana menunaikan umrah dalam waktu dekat.

2. 27 Orang Tewas saat Rusuh, PM India Minta Warga Tenang

Perdana Menteri India, Narendra Modi meminta warga tenang di tengah bentrokan antara umat Hindu dan Islam dalam dua hari terakhir. Dilaporkan bentrokan tersebut menewaskan 27 orang dan lebih dari 200 orang terluka.

"Saya mengimbau saudara dan saudari saya di Delhi untuk menjaga perdamaian dan persaudaraan setiap saat. Sangat penting .. ketenangan dan normalitas dipulihkan saat ini," tulis Modi dalam cuitannya, Rabu (26/2).


Sementara itu, oposisi yang merupakan Ketua Menteri New Delhi, Arvind Kejriwal menyerukan agar Modi mengerahkan tentara dan memberlakukan jam malam untuk meredam ketegangan.

3. Satu WNI di Taiwan Positif Virus Corona, Sempat Main Tik Tok

Seorang perempuan warga Indonesia (WNI) yang bekerja secara ilegal sebagai perawat warga lanjut usia di Taiwan dilaporkan positif terinfeksi virus corona (covid-19).

[Gambas:Video CNN]

Dia menjadi orang ke-32 di negara itu yang terinfeksi virus corona. Namun, dia sempat mengungkap identitas melalui media sosial Facebook dan Tik Tok. 

Menurut Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung, WNI yang terinfeksi tersebut dilaporkan berusia sekitar 30 tahun. Dia mengatakan perempuan tersebut sempat bekerja untuk merawat lelaki lansia yang positif virus corona dan diopname di rumah sakit New Taipei . (dea)