KILAS INTERNASIONAL

Cara Indonesia Hadapi Wabah sampai Anjing Idap Virus Corona

CNN Indonesia | Rabu, 04/03/2020 07:34 WIB
Cara Indonesia tangani virus corona sampai anjing di Hong Kong terpapar virus corona. Ilustrasi. Cara Indonesia tangani virus corona sampai anjing di Hong Kong terpapar virus corona. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (3/3) kemarin. Mulai dari cara Indonesia tangani virus corona sampai anjing di Hong Kong terpapar virus corona. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.

1. Beda Cara RI dan Negara Lain Tangani Virus Corona

Indonesia secara resmi mengonfirmasi kasus virus corona atau Covid-19 di dalam negeri. Presiden Jokowi pada Senin (2/3) mengumumkan dua orang Indonesia positif terinfeksi virus tersebut.


Kasus corona di Indonesia terbilang baru dibanding negara tetangga yang lebih dulu memiliki pasien infeksi ini, dan jumlahnya puluhan bahkan ratusan. Tidak heran ada negara seperti Australia sempat meragukan laporan Indonesia bebas corona.

Pengumuman kasus pertama corona di Indonesia menuai kepanikan, warga menyerbu toko-toko memborong barang kebutuhan hingga harga masker melambung tinggi.

[Gambas:Video CNN]

Ada kekhawatiran pemerintah tak siap menghadapi virus mematikan di tengah korban jiwa di seluruh dunia yang menyentuh 3.000 orang.

Sejumlah negara seperti China, Korea Selatan, Singapura, dan Iran, tercatat memiliki kasus corona lebih dulu dari Indonesia. Namun, sistem penanggulangan Covid-19 di Korea Selatan dan Singapura dianggap mampu meredam penyebaran virus tersebut.

2. Mahathir Sebut Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Buat Koalisi Rusak

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menyalahkan penggantinya, Tan Sri Muhyiddin Yassin, dan Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim, terkait gejolak politik di negara itu yang membuat koalisi Pakatan Harapan yang tengah berkuasa menjadi berantakan.

Mahathir mengatakan krisis politik terjadi ketika Muhyiddin mencoba mengimbangi hasrat Anwar yang ingin menjadi perdana menteri.

Menurut Mahathir, krisis tersebut terjadi setelah Muhyiddin memutuskan Bersatu keluar dari Pakatan Harapan dua pekan lalu.

[Gambas:Video CNN]

"Di hari saat kami menghadiri rapat Dewan Pimpinan Pakatan, saya menerima informasi dari sekretaris politik bahwa Anwar meminta supaya saya menunjuknya sebagai wakil perdana menteri," kata Anwar, seperti dilansir AsiaOne, Selasa (3/3).

"Tentu kami marah. Namun, hal itu tidak terjadi, karena seluruh pemimpin Pakatan masih mendukung saya. Muhyiddin ingin mencari-cari alasan supaya terjadi krisis, tetapi dia tidak bisa mendapatkannya dari Anwar," ujar Mahathir.

"Ketika dia (Muhyiddin) memutuskan Bersatu keluar dari Pakatan, saat itulah krisis sebenarnya terjadi," sambung Mahathir.

3. Seekor Anjing di Hong Kong Positif Virus Corona

Seekor anjing di Hong Kong dinyatakan positif virus corona. Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFCD) pekan lalu mengatakan telah mengambil sampel cairan dari rongga hidung, mulut, dan dubur anjing.

Hasil pengujian menyatakan anjing tersebut 'lemah positif' terhadap virus corona. Anjing tersebut diyakini sebagai hewan pertama di dunia yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

AFCD mengatakan menerima rujukan dari Departemen Kesehatan pada 26 Februari lalu yang mengatakan bahwa seekor anjing dari pasien yang terinfeksi virus corona. Anjing tersebut diketahui tidak memiliki gejala terinfeksi corona.

Staf AFCD kemudian menjemput anjing dari sebuah rumah susun di Tai Hang dan mengirimnya ke fasilitas pemeliharaan hewan di Pelabuhan Hong Kong.

Pada Jumat (28/2) lalu, anjing tersebut dimasukkan ke dalam karantina untuk dilakukan pengujian secara berkala hingga dinyatakan negatif. AFCD menyarankan proses karantina dilakukan selama 14 hari. Anjing ini menjadi satu-satunya hewan yang dikarantina di fasilitas pemeliharaan hewan. (ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK