KILAS INTERNASIONAL

Ganti Rugi Korban Westerling sampai Kasus Corona Global

CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2020 06:51 WIB
Ganti Rugi Korban Westerling sampai Kasus Corona Global Belanda harus membayar ganti rugi terhadap korban kejahatan perang Westerling sampai kasus virus corona di dunia melampaui 400 ribu. (Photo by STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (25/3) kemarin. Mulai dari Belanda harus membayar ganti rugi terhadap korban kejahatan perang Westerling sampai kasus virus corona di dunia melampaui 400 ribu. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Belanda Diperintah Ganti Rugi ke Korban Westerling di Sulsel

Pengadilan Distrik Den Haag memutuskan pemerintah Belanda harus membayar kompensasi kepada keluarga dari 11 orang di Sulawesi Selatan yang dieksekusi mati oleh pasukan pimpinan Raymond Pierre Paul Westerling saat perang kemerdekaan RI.


Pengadilan Den Haag memerintahkan Belanda membayar ganti rugi mulai dari 10 ribu euro atau sekitar Rp178 juta kepada delapan istri dan empat anak-anak para korban yang dibunuh tentara Belanda di Sulawesi Selatan antara 1946-1947.

"Pengadilan menganggap bahwa sebelas orang tewas akibat kelakuan buruk tentara Belanda. Sebagian besar kasus melibatkan eksekusi mati di luar hukum," kata hakim pengadilan.

[Gambas:Video CNN]

Dilansir dari AFP Kamis (26/3) juru bicara Pengadilan Den Haag, Hakim Jeanette Honee, menilai kompensasi terbesar diterima oleh anak korban yang melihat sang ayah dibunuh ketika dirinya berusia 10 tahun.

Sejumlah istri yang ditinggal para korban pembunuhan juga menerima kompensasi hingga 3.600 euro, sementara anak-anak korban menerima ganti rugi dengan nilai yang lebih sedikit berdasarkan usia mereka saat peristiwa berlangsung.

Setidaknya 860 orang Indonesia terbunuh regu tembak Belanda antara Desember 1946 dan April 1947 di Sulawesi.


2. Gubernur di Meksiko Sebut Orang Miskin Kebal Virus Corona

Gubernur salah satu negara bagian di Meksiko tengah mengatakan jika orang miskin kebal terhadap infeksi virus corona.

Gubernur Puebla, Miguel Barbosa, menyampaikan argumennya itu setelah melihat persentase orang yang mengidap Covid-19 kebanyakan dari kalangan orang kaya, termasuk beberapa petinggi bisnis.

Seorang pejabat tinggi Meksiko mengatakan tiga perempat dari 475 kasus virus corona diketahui terkait dengan jejak melakukan perjalanan ke luar negeri. Beberapa pasien diketahui sempat berlibur ke resor ski di Italia hingga Amerika Serikat.


3. Virus corona menginfeksi 400 ribu orang di dunia

Jumlah kasus infeksi virus corona di seluruh dunia pada Kamis (26/3) sudah melebihi 400 ribu orang.

[Gambas:Video CNN]

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kasus virus corona di 196 kawasan dan negara mencapai 416.686 orang. Dari data yang mereka himpun, ada 18.589 orang meninggal di seluruh dunia akibat infeksi tersebut. (ayp/ayp)